Ketua DPC KWRI Pringsewu Soroti Pemberitaan Intimidasi Awak Media

Rahmad
Ketua DPC KWRI Pringsewu, Davit Segara, menekankan pentingnya verifikasi media dan kompetensi jurnalis dalam merespons pemberitaan yang mengedepankan etika dan integritas jurnalisme.Foto istimewa

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-- Ketua Dewan Pimpinan Cabang Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPC KWRI) Kabupaten Pringsewu, Davit Segara, memberikan tanggapan terkait pemberitaan berjudul "Seorang Oknum Pegawai PUPR Kabupaten Pringsewu, Diduga Coba Intimidasi Awak Media" yang diterbitkan oleh salah satu media online lokal. 

Dalam keterangannya, Davit Segara menegaskan pentingnya bagi narasumber untuk menilai kompetensi jurnalis sebelum memberikan konfirmasi atau tanggapan yang akan diunggah di media. Menurutnya, ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak profesional.

Davit menambahkan, narasumber juga harus memeriksa status verifikasi media yang melakukan peliputan. Hal ini penting untuk menghindari potensi penyalahgunaan pernyataan yang diberikan narasumber oleh individu yang mungkin tidak memenuhi standar profesional sebagai jurnalis. Di era digital saat ini, Davit mengingatkan bahwa banyak orang yang mengaku sebagai wartawan dengan mudah memperoleh kartu pers dan surat tugas hanya bermodalkan KTP dan foto, sehingga memerlukan kehati-hatian lebih lanjut dari semua pihak terkait.

Davit Segara menekankan bahwa verifikasi media dan kompetensi jurnalis harus menjadi prioritas untuk menjaga integritas informasi dan memastikan bahwa proses jurnalisme berlangsung dengan etika yang benar.

Editor : Indra Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network