get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Pekon Waluyojati Prioritaskan Dana Desa untuk Penanggulangan Stunting

Tagana Pringsewu Tularkan ILmu Shelter ,Dapur Umum Lapangan Kepada Relawan Desa Tangguh Bencana

Jum'at, 08 Juli 2022 | 06:27 WIB
header img
Tagana Pringsewu Tularkan ILmu Shelter Dan Dapur Umum Lapangan, Foto Tagana Pringsewu, Kamis,(07-07-2022)

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Taruna Siaga Bencana (Tagana) merupakan salah satu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial berbasiskan masyarakat keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik dalam kondisi terjadi bencana maupun tidak. 

Hal tersebut mengingat Tagana selalu berada ditengah masyarakat baik dalam penanganan korban bencana alam, sosial maupun mitigas bencana alam.  

Tagana mempunyai tugas membantu pemerintah dan pemeintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana baik pada saat prabencana, saat tanggap darurat maupun saat pasca bencana serta tugas – tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penaggulangan bencana. Sesuai Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 28 tahun 2021 tentang Pedoman Umum TAGANA.

pada Pra Bencana mempunyai fungsi Pendataan dan pemetaan daerah rawan bencana, Peningkatan kapasitas masyarakat dalam pengurangan risiko bencana, Kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, Peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana. 

Bertempat di Lapangan Desa Fajarmulya Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu. Kamis, (7/7/2022 ) Tagana Kabupaten Pringsewu menjadi salah satu narasumber pada Kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana ( Destana ) yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pringsewu. 

Joko Supriyono selaku Korwil Tagana didampingi Agus Purnomo Analis Kebencanaan Ahli Muda pada BPBD Pringsewu memimpin langsung Tim Shelter dan Tim Dapur Umum Lapangan dalam pelaksanaan Simulasi Bongkar Pasang Tenda serta Pengoperasian DUMLAP bersama Pengurus dan Tim Relawan Destana.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut