Cara Mendapatkan Gaji YouTuber dari Adsense

Siti Nur Aeni
.
Rabu, 13 Juli 2022 | 13:01 WIB
Platform YouTube.Foto Sindonews/Siti Nur Aeni

JAKARTA,iNewsPringsewu.id-Sebagai platform besar, YouTube memberikan penghargaan atas karya yang dihasilkan para kreator melalui adsense. Lantas berapakah gaji YouTuber? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Banyak orang yang kini menjadikan YouTube sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu penyebabnya yakni karena banyak orang mengira bahwa gaji YouTuber sangat besar. Namun apakah hal tersebut benar? Termukan jawabannya di pembahasan berikut.

Cara Mendapatkan Gaji YouTuber dari Adsense

Sebelum mengulas tentang nominal gaji YouTuber, tak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu adsense YouTube yang merupakan salah satu sumber gaji YouTube. Adsense YouTube sebenarnya sama saja dengan Google Adsense, sebab YouTube merupakan produk yang dimiliki Google.

Setelah pendaftaran adsense diterima, maka konten kreator akan mendapatkan gaji atas video yang ia unggal di channel YouTube miliknya. Perlu diketahui bahwa gaji YouTuber berbeda-beda karena ada banyak hal yang mempengaruhinya. Misal, jumlah klik pada iklan yang muncul, lokasi sebuah negara, topik, konten video, hingga harga iklan yang muncul pada channel tersebut.

Yang mungkin banyak menjadi pertanyaan orang awam yaitu terkait nominal gaji yang diperoleh YouTuber pemula. Sebab kini populasi YouTube pemula di Indonesia sangatlah banyak.

Melansir dari voi.id, rata-rata gaji YouTuber pemula bisa mencapai 18 USD atau sekitar Rp245 ribu untuk 1000 tayangan video. Nominal tersebut tentu bukan angka pasti, sebab setiap YouTuber memiliki penghasilan yang berbeda. 

Besaran penghasilan dari YouTube juga bisa berubah seiring dengan tren dan perkembangan dari media sosial itu sendiri.

Sebenarnya setiap gaji YouTuber sudah ada perhitungannya.

Siapa saja bisa menghitung pendapatannya di YouTube. Gaji seorang YouTuber bisa dihitung dari cost per mille (CPM) dan cost per click (CPC).

Perlu diketahui bahwa CPM adalah pendapatan uang yang akan didapat setiap 1000 penayangan iklan yang muncul di video YouTube tersebut. 

Nominal CPM yang akan diterima YouTuber yaitu Rp7000 per tayangan iklan.

Sedangkan CPC akan diperoleh dari orang yang klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC untuk satu kali klik yaitu Rp5000 – Rp12000.

Dari kedua hal tersebut, maka kita bisa mengetahui penghasilan YouTuber. 

Berikut contoh perhitungan gaji YouTuber.

Seorang YouTuber memiliki video yang ditonton 5000 orang. Sehingga bisa diasumsikan sekitar 550 orang menonton iklan hingga selesai.

Maka dari itu, perhitungan gaji YouTuber tersebut, Rp7000 x 550 = Rp3.850.000. Kemudian, Rp3.850.000 x 55% = Rp2.117.500

Dengan demikian, gaji yang akan diperoleh YouTuber tersebut yaitu Rp2.117.500.

Editor : Indra Siregar
Bagikan Artikel Ini