get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Lampung Memuji Kedisiplinan Para Buruh: Aksi May Day Berlangsung Damai

Data Tidak Tersedia Saat Cek DPT Online Pemilu? Ini Solusinya

Sabtu, 10 Februari 2024 | 12:09 WIB
header img
Partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 akan semakin meningkat, Foto istimewa

JAKARTA,iNewsPringsewu.id- Masyarakat yang mengalami kesulitan menemukan data mereka saat melakukan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) online untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di KPU.go.id, tidak perlu khawatir. 

Layanan cek DPT online memungkinkan warga untuk mengetahui status keikutsertaan mereka sebagai pemilih dengan mudah. Namun, jika data tidak tersedia saat dicek, masih ada solusi yang dapat diambil.

Menurut laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), warga yang memenuhi syarat untuk menjadi pemilih, namun tidak terdaftar dalam DPT atau DPTb, akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). DPK merupakan daftar pemilih khusus yang tetap memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilu.

Warga yang mengalami kendala dalam menemukan data mereka di DPT online dapat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan alamat KTP atau surat keterangan yang sah. Waktu pencoblosan khusus akan disediakan bagi pemilih dalam kategori DPK, yaitu pada pukul 12.00-13.00 waktu setempat atau satu jam sebelum penutupan TPS.

Dengan demikian, meskipun data tidak tersedia saat cek DPT online, warga yang memenuhi syarat tetap dapat berkontribusi dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya. 

Solusi ini memberikan keadilan bagi semua warga yang ingin berpartisipasi dalam proses demokrasi negara.

KPU terus mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan bijak dan memastikan bahwa hak pilih mereka tercatat dengan benar agar proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan adil.

Dengan adanya solusi ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 akan semakin meningkat, menjadikan proses demokrasi di Indonesia lebih kuat dan representatif.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut