get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Rabat Beton di Pekon Sriwungu

Pringsewu Gencarkan Vaksinasi Rabies Gratis: Cegah Hewan Peliharaan Terjangkit, Lindungi Keluarga

Rabu, 25 September 2024 | 12:27 WIB
header img
drh. Suhatiah saat memberikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan warga di Puskeswan Gading Rejo, sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran rabies di Kabupaten Pringsewu.Foto: Indra Siregar

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id - Dalam upaya menekan penyebaran rabies, UPTD Puskeswan Kabupaten Pringsewu bekerja sama dengan Dinas Pertanian menggelar vaksinasi rabies gratis di wilayah Gading Rejo, Rabu (25/09/2024). 

Kegiatan ini mengusung tagline "Kabupaten Pringsewu Mendobrak Batasan Rabies" sebagai bagian dari program tahun 2024.

drh. Suhatiah dari Puskeswan Gading Rejo (wilayah 3) menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan rabies pada hewan peliharaan, khususnya kucing, anjing, dan kera. 

“Hari ini, kami menyiapkan 100 dosis vaksin yang diberikan di UPTD Puskeswan Gading Rejo," ujarnya.

Makanan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi hewan. Jangan asal memberikan makanan yang tidak sehat atau tidak cocok, karena bisa berdampak pada kondisi fisik dan perilaku hewan," jelas drh. Suhatiah saat kegiatan vaksinasi rabies, Rabu (25/09/2024).

Selain itu, ia menekankan pentingnya rutin memeriksakan kesehatan hewan peliharaan ke dokter hewan atau Puskeswan terdekat. “Kesehatan hewan tidak hanya soal vaksinasi, tetapi juga terkait dengan kebersihan, pola makan yang baik, serta aktivitas fisik yang cukup.

Salah satu warga Pringsewu, Mery, mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan vaksinasi ini. "Kami sangat terbantu, apalagi vaksin ini diberikan secara gratis. 

Hewan peliharaan kami jadi lebih sehat, dan kami tidak khawatir akan ancaman rabies yang bisa membuat hewan menjadi ganas dan menyerang pemiliknya," kata Mery.

sementara Ibu Etika warga gading Rejo Dengan adanya program vaksinasi rabies ini, diharapkan angka penularan rabies di Kabupaten Pringsewu dapat ditekan, serta masyarakat bisa menjaga kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan mereka. 

Vaksinasi ini menjadi salah satu langkah strategis pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman rabies, sekaligus memperkuat komitmen Kabupaten Pringsewu dalam mendobrak batasan penanggulangan rabies.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut