PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id – Peserta Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut dan Dasar di Kabupaten Pringsewu melaksanakan Kunjungan Belajar Lokal (KBL) sebagai bagian dari tugas mandiri. Kegiatan ini berlangsung di berbagai satuan PAUD, dipantau langsung oleh tim penyelenggara Diklat dari LPD HIMPAUDI Kabupaten Pringsewu.
KBL tingkat lanjut dilaksanakan di PAUD LATIFAH, Sidoharjo, dengan bimbingan Nur Soliha, S.Pd., selaku Pembimbing Praktik Tugas Mandiri (PPTM).
Sementara itu, KBL tingkat dasar dilaksanakan di PAUD Kessy AL Arsy, Pekon Pringombo, Kecamatan Pringsewu, dengan bimbingan Suprihatin, M.Pd., sebagai PPTM.
Menurut Saryati, S.Pd., selaku Tim Penyelenggara Diklat, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas mandiri peserta, baik pada tingkat dasar maupun lanjut, sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah disusun.
"Selain KBL, peserta juga wajib mengikuti kegiatan di gugus terdekat untuk berinteraksi, berdiskusi, serta berbagi praktik baik dalam kegiatan gugus," ujar Saryati.
Selain itu, kegiatan bimbingan peserta diklat ini juga didampingi oleh pengawas dan pemilik PAUD Kabupaten Pringsewu guna memastikan kelancaran dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran.
Dilaksanakn di beberapa titik.selain di al arsy kegiatan KBL Juga di laksanakan di paud Ananda Gadingrejo Rejo,Tk intan Banyumas dan paud Miftahul ullum sesuai dengan wilayah terdekat para peserta Diklat yang telah di bagi menurut zona masing-masing dgn PPTM masing masing.
Saryati menegaskan bahwa KBL merupakan salah satu syarat wajib bagi peserta untuk memperoleh sertifikat kelulusan Diklat Berjenjang, baik tingkat dasar maupun lanjut.
Dalam program ini, pembimbing praktik tugas mandiri untuk Diklat Dasar adalah:
1. Suprihatin
2. Nursholeh, S.Pd.
3. Umi Indriyati, S.Pd.
Sementara untuk Diklat Lanjut, pembimbingnya adalah:
1. Suprihatin
2. Nursholeh, S.Pd.
Kegiatan bimbingan di berbagai titik turut didampingi oleh Tim penyelengara HIMPAUDI Kabupaten Pringsewu, Saryati, S.Pd..
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pendidik PAUD, sehingga mereka dapat menerapkan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas di satuan pendidikan masing-masing.
Editor : Indra Siregar