Dua Desa di Lampung Barat Terendam Banjir Akibat Sungai Melebuy Meluap

Hardi Suprapto
Banjir luapan Sungai Melebuy Bandar Negri Suoh merendam Sekolah hingga kedalaman sedada orang dewasa', Rabu(3/4/24).Roto iNewsPringsewu.id/Tangkapan layar

LAMPUNGBARAT, iNewsPringsewu.id,  - Dua desa di Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, yakni Desa Tembelang dan Desa Bumi Hantatai, terendam banjir pada Rabu (3/4) sore. Kepala Pelaksana BPBD Lampung Barat, Padang Priyo Utomo, mengungkapkan bahwa banjir tersebut disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut, yang berujung pada meluapnya Sungai Way Melebuy.

"Intensitas curah hujan yang cukup tinggi dari siang hingga sore hari menyebabkan Sungai Way Melebuy meluap, yang mengakibatkan banjir di Desa Tembelang dan Bumi Hantatai," jelas Padang. Tinggi air banjir diperkirakan mencapai kurang lebih 100 cm, merendam kedua desa tersebut.

Dampak banjir ini terasa dengan kerusakan yang terjadi, termasuk satu rumah yang rusak dan satu tiang listrik yang roboh di Desa Tembelang. Sementara itu, di Desa Bumi Hantatai, banjir merendam beberapa lokasi penting seperti pasar dan SMPN 2 BNS (Bandar Negeri Suoh), serta merusak lahan persawahan dan tanaman padi seluas 11,5 hektare.

Upaya penanganan dan asesmen kerusakan masih terus dilakukan oleh BPBD Lampung Barat bersama dengan instansi terkait. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat memperparah kondisi banjir.

Editor : Hardi Suprapto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network