23 Desa di Pesawaran Terima Ribuan Buku dan Perangkat Teknologi dari Perpusnas RI

Paroha
Penyerahan buku dan perangkat teknologi kepada 23 desa di Pesawaran oleh Perpusnas RI, sebagai langkah nyata meningkatkan literasi dan pemberdayaan masyarakat melalui program TPBIS.Foto Paroha

PESAWARAN,iNewsPringsewu.id- Sebanyak 23 desa di Kabupaten Pesawaran menerima bantuan buku dan perangkat lunak dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melalui program Transformasi Pengembangan Budaya Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2024. 

Bantuan ini merupakan bagian dari kemitraan antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran dengan Perpusnas RI yang telah memasuki tahun kedua.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran, Halimah Zakaria, S.E., M.M., mengungkapkan bahwa bantuan ini mencakup 1.000 eksemplar buku beserta rak buku untuk 18 desa, sementara lima desa lainnya menerima tambahan perangkat seperti komputer, printer, paket data, dan modem.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Perpusnas RI dalam program TPBIS ini, yang sangat penting bagi kemajuan desa-desa di Kabupaten Pesawaran. Bantuan ini tidak hanya meningkatkan akses masyarakat terhadap sumber daya literasi, tetapi juga mendukung pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat,” kata Halimah.

Distribusi rak buku telah dimulai sejak Juli 2024, dan pembagian buku dilaksanakan pada Agustus 2024. Berikut adalah daftar 23 desa di Kabupaten Pesawaran yang menerima bantuan:

1. Desa Banding Agung, Kecamatan Punduh Pedada                
2. Desa Tambangan, Kecamatan Padang Cermin  
3. Desa Pampangan, Kecamatan Gedong Tataan  
4. Desa Pujo Rahayu, Kecamatan Negeri Katon  
5. Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan  
6. Desa Bawang, Kecamatan Punduh Pedada  
7. Desa Maja, Kecamatan Marga Punduh
8. Desa Way Layap, Kecamatan Gedong Tataan
9. Desa Bagelen, Kecamatan Gedong Tataan  
10. Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan
11. Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan
12. TBM SKB, Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan  
13. Desa Taman Sari, Kecamatan Gedong Tataan
14. Desa Purworejo, Kecamatan Negeri Katon
15. TBM Cinta Baca, Kecamatan Negeri Katon
16. Desa Padang Manis, Kecamatan Way Lima
17. Desa Tanjung Agung, Kecamatan Way Lima
18. Desa Baturaja, Kecamatan Way Lima
19. Desa Sanggi, Kecamatan Padang Cermin
20. Desa Gayau, Kecamatan Padang Cermin
21. Desa Teba Jawa, Kecamatan Kedondong
22. Desa Wates, Kecamatan Way Ratai
23. Desa Kalirejo, Kecamatan Way Ratai  

Program TPBIS ini melanjutkan inisiatif serupa yang telah dimulai pada tahun 2022 dengan bantuan berupa buku, perangkat, serta bimbingan teknis. Pada tahun 2023, program ini didukung oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur perpustakaan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran juga telah mereplikasi program TPBIS dengan menjalankan program serupa dalam skala lebih kecil, mencakup 11 desa pada tahun 2023 dan 2024. Selain itu, dinas ini juga aktif melakukan monitoring untuk memastikan perpustakaan desa berfungsi optimal.

Dengan program ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran berharap dapat mendukung visi dan misi Bupati Pesawaran dalam menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, unggul, dan berdaya saing, sekaligus menjadikan perpustakaan sebagai pusat literasi dan pemberdayaan masyarakat.

Editor : Indra Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network