get app
inews
Aa Read Next : Kerjasama APDESI Pringsewu dengan Dr. Nurul Hidayah untuk Peningkatan Pemahaman Hukum

1,2 Kwintal Daging Sapi Dibagikan Masyarakat khususnya Domisili LKS Amanah

Minggu, 10 Juli 2022 | 17:41 WIB
header img
LKS Amanah Bunda Pringsewu melakukan penyembelihan Hewan Kurban, Foto ponidi/10-07-2022/

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Dalam rangka merayakan Hari Besar Islam Idul Adha 1433 H /2022. Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS ) Amanah Bunda Kabupaten Pringsewu Lampung melakukan penyembelihan Hewan Kurban sebanyak Satu Ekor Sapi Jenis Limousin berwarna Cokelat Putih. Minggu (10 /7/ 2022 ). 

Kurban sendiri merupakan sunnah Rosulullah yang di bawa oleh Nabi Ibrahim AS, dimana telah banyak kita ketahui terkait kisah perjalanan pengorbanan seorang hamba Allah yang iklas dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Seperti diceritakan kisah Nabi Ismail dalam Alquran, Maka ketika (anak laki-laki) mencapai (usia) sanggup bekerja dengannya, (Ibrahim) berkata: “Wahai anakku! Sesungguhnya saya bermimpi bahwa saya menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?" Dia (Ismail) menjawab: “Wahai Ayahku! Lakukan apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu: Insya Allah, Engkau akan menemukanku, termasuk orang yang sabar.

Maka ketika keduanya telah berserah diri (kepada Allah), dan dia (Ibrahim) membaringkannya anaknya atas pelisnya (untuk pengorbanan). Lalu kami panggil dia, 

“Wahai Ibrahim! Sungguh engkau telah memenuhi mimpi itu! ” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat benar. Sesungguhnya ini benar-benar ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar."

Hal ini menegaskan bahwa dalam Alquran, Allah tidak pernah menyuruh Ibrahim membunuh (mengorbankan) putranya. Ibrahim AS diperintahkan berqurban dengan membunuh putranya.

Dengan kata lain, implikasi yang mendasari umat Islam dalam berqurban bukanlah pertaubatan darah atau mencari pertolongan dari Allah melalui kematian orang lain, melainkan ungkapan rasa syukur kepada Allah atas rezeki seseorang dan pengorbanan pribadi untuk berbagi harta benda dan makanan berharga mereka dengan sesama manusia.

Terkait perintah berqurban, agama tidak mengajarkan untuk saling bersaing "nama" atau memburu popularitas dalam melakukannya. Subtansi ibadah ini justru membutuhkan syiar kejujuran dan keihlasan. 

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut