Logo Network
Network

Pengasuh Ponpes Di Pringsewu Ikuti Sosialisasi Ideologi Pancasila

hapsara
.
Minggu, 04 September 2022 | 10:45 WIB
Pengasuh Ponpes Di Pringsewu Ikuti Sosialisasi Ideologi Pancasila
Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan ini diinisiasi Drs.FX Siman, anggota DPRD Provinsi Lampung.Foto iNewsPringsewu.id/Anton Hapsara

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id -Para pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Pringsewu mengikuti Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan ini diinisiasi Drs.FX Siman, anggota DPRD Provinsi Lampung dari Daerah Pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kota Metro, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pringsewu.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Husna Bukit Rajawali Podomoro, Bukit Bintang, Pringsewu, Sabtu (03/09/22) ini dibuka oleh Drs. FX Siman, anggota DPRD Provinsi Lampung asal Pringsewu, menghadirkan narasumber Andreas Andoyo, S.Sos., M.TI., dosen Institut Teknologi dan Bisnis Bakti Nusantara (IBN) Lampung sekaligus Sekretaris DPP IARMI Provinsi Lampung, serta Sudewi, S.E., M.M., juga dosen IBN dan mantan anggota DPRD Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu. Turut menghadiri acara ini, Kepala Kesbangpol Kabupaten Pringsewu Sukarman, S.Pd., Uspika Kecamatan Pringsewu, Kapekon beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Anggota DPRD Provinsi Lampung Drs. FX Siman mengatakan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) dinilai sangat penting dalam rangka meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih di Indonesia, yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa dan agama. "Pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila yang dilahirkan oleh segenap potensi bangsa, para pejuang dan juga ulama serta tokoh agama-agama lainnya, serta pemahaman terhadap Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 juga merupakan modal utama untuk membangun bangsa dan negara yang terdiri dari banyak ragam suku bangsa dan agama atau kepercayaan seperti Indonesia ini", katanya.

Sosialisasi ini juga merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, agar lebih dipahami oleh masyarakat, ulama, pengasuh pondok pesantren, para pemuda maupun elemen masyarakat lainnya. "Sehingga lebih memahami makna dari Pancasila itu sendiri dari para pendiri bangsa, sehingga memiliki dasar ideologi yang tepat dan kuat", ujarnya.

Salahsatu narasumber, Andreas Andoyo, S.Sos., M.TI., pada kesempatan tersebut menyampaikan mengenai 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Husna Dr. KH. Abdul Hamid, M.Pd.I., Al-Hafidz mengucapkan terimakasih atas dipilihnya pondok pesantren asuhannya sebagai tempat digelarnya Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dan berharap kegiatan tersebut dapat menambah ilmu dan mempertebal nilai-nilai kebangsaan para pengasuh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pringsewu

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.