Logo Network
Network

Memanfaatkan Lahan Kosong, KWT Kasih Bunda Sridadi Panen Sayuran Sehat

M.Roim
.
Selasa, 03 Januari 2023 | 17:11 WIB
Memanfaatkan Lahan Kosong, KWT Kasih Bunda Sridadi Panen Sayuran Sehat
Kelompok Wanita Tani Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo panen sayuran organik.Foto Hardi Suprapto/iNewsPringsewu.id

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id, - Memanfaatkan lahan kosong dengan tanaman hijau sudah lajim di lakukan di setiap daerah.

Seperti halnya di Tanggamus, tepatnya di Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo, melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat, memanen sayuran yang mereka tanam dengan memanfaatkan lahan  kosong.Selasa(03/01/2023).

Sayuran yang di tanam beraneka ragam, seperti kangkung,bayam, daun bawang , terong, cabai, tomat dan sebagainya.

Untuk tanaman bayam dan kangkung cabut, mereka dapat memanen  sayuran dalam usia tanam mencapai 30 hingga 40 hari siap panen.

Selain di konsumsi untuk menambah vitamin keluarga , sayuran yang di panen merupakan sayuran sehat yang terhindar dari pupuk atau zat kimia lainnya, sehingga sayuran di jual laris di pasar, di jual keliling ataupun lewat online media sosial di sekitar desa setempat.

Anggota Kelompok Wanita Tani Kasih Bunda Pekon setempat, Yanti,kepada NewsPringsewu.id mengungkapkan, tanaman sayuran di lahan kosong sudah mereka lakukan dua tahun yang lalu.

Tanaman sayuran di tanam dengan cara organik, dan tidak menggunakan pupuk kimia ataupun pestisida.

"Sudah dua tahun kami menanam sayuran di lahan yang tadinya kosong, dan kita tanam sayuran secara organik sehingga sehat untuk di konsumsi." Jelasnya.

Dalam setiap bulannya, mereka dapat memanen dua kali, selain di konsumsi keluarga, hasil panen juga di jual sebagai hasil pundi-pundi uang yang di kumpulkan menjadi kas kelompok.

"Dalam sebulan kita dapat memanen dua kali, seperti sayuran kangkung,bayam, sawi sesin dan daun bawang.Selain kita konsumsi, kita juga jual dan hasilnya kita jadikan kas kelompok."tutupnya.

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News

Bagikan Artikel Ini