get app
inews
Aa Read Next : Sinergi dan Ketangguhan di Batalyon Infanteri 9 Marinir

Anak SD Jadi Korban Pencabulan oleh Pamannya Sendiri di Pesawaran

Sabtu, 16 Maret 2024 | 17:20 WIB
header img
Pelaku Berinisial W warga Padang Cermin,Sabtu,(16/03/2024).Foto iNewsPringsewu.id/Humas Polres Pesawaran

PESAWARAN,iNewsPringsewu.id-Kejahatan yang menimpa seorang anak Sekolah Dasar (SD) di Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, telah mengejutkan kita semua. Kasus ini menunjukkan betapa rentannya anak-anak terhadap ancaman pelecehan seksual, bahkan dari orang-orang terdekat dalam lingkungan keluarga mereka.

Dalam kejadian tragis ini, seorang anak berinisial IAP (10) menjadi korban pencabulan oleh pamannya sendiri, yang seharusnya menjadi sosok yang melindungi dan memelihara anak-anak dalam keluarganya.

Namun, pelaku, berinisial W, warga Padang Cermin, telah melakukan perbuatan keji tersebut dengan memanfaatkan kepercayaan korban dan modus yang licik, meminjamkan handphone untuk mengelabui korban.

Kita patut memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian, terutama Kasatreskrim Polres Pesawaran, AKP Supriyanto Husin, yang dengan cepat bertindak dan menangkap pelaku pada Kamis, 14 Maret 2024.

Tindakan tegas ini menunjukkan komitmen untuk memberikan keadilan bagi korban dan menegakkan hukum terhadap pelaku kejahatan seksual.

Namun, keadilan sejati bagi korban tidak hanya berakhir pada penangkapan pelaku. Proses hukum harus berjalan dengan lancar dan adil, dengan memastikan bahwa pelaku mendapat hukuman yang setimpal sesuai dengan kejahatannya.

Pelaku yang telah mengakui perbuatannya, harus diproses secara tuntas sesuai dengan Pasal 81 Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Kami juga mengajak semua pihak, terutama orangtua dan pendidik, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan anak-anak dari segala bentuk kekerasan dan pelecehan seksual.

Melalui pendidikan dan kesadaran yang tinggi, kita dapat mencegah kasus-kasus serupa terjadi di masa depan dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Kami akan terus memantau perkembangan kasus ini dan memberikan informasi yang terbaru kepada masyarakat.

Mari bersama-sama memperjuangkan keadilan bagi korban dan mencegah terulangnya kejahatan serupa di masa yang akan datang.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut