get app
inews
Aa Read Next : Gawang Timnas Indonesia Makin Kokoh, Maarten Paes Resmi Sandang Status WNI

Pembunuhan Eks Calon Bintara TNI AL Terungkap, Pelaku Menangis Akui Perbuatannya

Selasa, 02 April 2024 | 13:36 WIB
header img
Janji Palsu Berujung Tragedi: Pengakuan Menyayat Hati Serda Adan dalam Pembunuhan Eks Calon Bintara TNI AL,Foto MPI

SUMUT,iNewsPringsewu.id-Sebuah pengakuan mengejutkan datang dari Serda Adan Aryan yang terlibat dalam kasus pembunuhan terhadap Iwan Sutrisman Telambanua, eks calon siswa Bintara TNI Angkatan Laut (AL). 

Di hadapan Komandan Denpom Lanal Nias, Mayor Laut (PM) Afrizal, Serda Adan menangis saat mengakui perbuatannya.

Pembunuhan yang terjadi pada 24 Desember 2022 tersebut bermotif desakan dari orang tua korban agar anak mereka dapat lulus seleksi masuk TNI AL tanpa tes.

"Serda Adan merasa terpaksa melakukan pembunuhan itu karena terus didesak oleh orang tua korban," ujar Afrizal dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Serda Adan mengungkapkan bahwa dirinya bukanlah pelaku tunggal. Dia menyebut seorang temannya, Alvin, sebagai orang yang secara fisik menikam Iwan beberapa kali sebelum mereka membuang jasadnya ke dalam jurang. 

Alvin kini juga telah ditangkap oleh Polres Sawahlunto dan menjalani proses hukum terpisah.

Serda Adan saat ini ditahan di Pom Lantamal II Padang untuk pemeriksaan lebih lanjut dan dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana serta Pasal 378 KUHP tentang penipuan, mengingat janji palsunya kepada keluarga korban. 

Sebelumnya, Serda Adan telah menjanjikan kepada keluarga Iwan bahwa dia dapat membantu Iwan lulus seleksi Bintara TNI AL tanpa menjalani tes dengan imbalan uang sebesar Rp 200 juta.

Kasus ini terungkap setelah keluarga korban melaporkan kehilangan Iwan kepada Denpom Lanal Nias, mengingat Iwan tidak kunjung pulang setelah berangkat ke Padang bersama Serda Adan untuk mengikuti seleksi penerimaan Bintara TNI AL. 

Penyelidikan yang dilakukan kemudian membawa pada terbongkarnya kasus pembunuhan tragis ini.

Artikel sudah tayang di iNews Sumut dengan judul Dikira Tugas, Eks Casis Bintara TNI AL Ternyata Tewas Dibunuh Oknum Pomal Lanal Nias

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut