get app
inews
Aa Read Next : Sebuah Rumah di Pekon Sumur Tujuh Ludes Terbakar

Rumah Zakat dan Damkar Pringsewu Latih Warga Kresnomulyo Barat Cegah Kebakaran di Rumah Tangga

Jum'at, 25 Oktober 2024 | 16:26 WIB
header img
Antusiasme warga Kresnomulyo Barat saat mengikuti pelatihan penanganan kebakaran di rumah tangga bersama Rumah Zakat dan Damkar Pringsewu.Foto iNewsPringsewu.id/Agus

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.idRumah Zakat bekerja sama dengan Satuan Tugas BPBD, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan Pringsewu, mengadakan pelatihan penanganan kebakaran di tingkat rumah tangga. Pelatihan yang bertujuan memperkuat pengetahuan masyarakat tentang pencegahan kebakaran ini digelar pada Jumat, 25 Oktober 2024, di Balai Pekon Kresnomulyo Barat, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Pelatihan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan masyarakat setempat. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh Makmun Rosyid dan Fendi Rahmadi, personel Satgas BPBD dan Damkarmat Kabupaten Pringsewu yang memiliki sertifikasi dan kualifikasi Damkar I dari Pusdiklat Damkarmat Ciracas Jakarta. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan dan klasifikasi kebakaran, metode pemadaman, serta jenis alat pemadam api. Para peserta diajak untuk mengenali potensi kebakaran, terutama yang bisa terjadi di dapur.

Selain penyampaian materi, peserta juga disuguhi video simulasi kebakaran di rumah tangga. Video ini diikuti dengan penjelasan dan praktik simulasi oleh Rosyid dan Fendi tentang langkah-langkah menghadapi kebakaran tanpa panik, penggunaan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta pentingnya langkah awal pemadaman api untuk mengurangi skala kebakaran.

Dalam sambutannya, Agus Purnomo, Pj Kepala Pekon sekaligus Analis Kebencanaan Ahli Muda pada BPBD Kabupaten Pringsewu, menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam mengantisipasi dan mencegah potensi kebakaran di lingkungan rumah tangga. “Dengan peningkatan kapasitas relawan dan masyarakat, kita berharap tercipta lingkungan yang aman dan nyaman dari risiko kebakaran,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan ini mendapat sambutan positif dari peserta, terutama ibu-ibu yang antusias belajar cara menghadapi situasi darurat.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut