get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

Vaksinasi PMK Bersama Dinas Peternakan dan Perkebunan

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:01 WIB
header img
Vaksin Ternak dipimpin Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri,dan Drh. Ari Priyanto Disbunnak secara door to door di Pekon Tiuh Memon,Kecamatan Pugung.Foto iNewsPringsewu.id/A.Rizki.(21-07-2022)

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id-Dalam upaya pencegahan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak,Vaksin Terhadap Hewan Ternak di wilayah Kecamatan Pugung.Kabupaten Tanggamus.Kamis,(21-07-2022).

Vaksin Ternak dipimpin Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri,dan Drh. Ari Priyanto Disbunnak secara door to door dimulai di Pekon Tiuh Memon,Kecamatan Pugung.

Hasil vaksinasi, sebanyak 250 ekor ternak berhasil divaksin dan masyarakat pemilik ternak juga menyambut baik kegiatan tersebut dengan harapan upaya pencegahan berhasil dengan baik dan hewan ternak tidak mengalami PMK.

Vaksinasi PMK bersama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan yang mana kita lakukan door to door target hari ini 250 ekor," kata Iptu Iman Sobri,usai kegiatan.

"Alhamdulillah di tanggamus sendiri belum ada yang terjangkit, harapannya setelah divaksin, virus PMK tidak masuk ke tanggamus dan hewan ternak sehat semuanya 

Dokter Hewan Disbunnak Tanggamus, Drh. Ari Priyanto menjelaskan, sebelum vaksinasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya PMK sehingga kita bisa melakukan vaksinasi ini dengan baik.

Target hari ini 250 ekor, kendala di lapangan yang kita hadapi selama ini jarak lokasi dan cuaca kadang hujan kadang panas," kata Ari Priyanto.

Umur ternak yang penting sehat ternaknya dan yang bisa di vaksin anaknya umur 2 tahun.

Ia menjelaskan,Ciri-ciri hewan terinfeksi PMK yaitu apabila mengeluarkan air liur yang berlebihan, sebab biasanya hanya sedikit liur, ada lesi di mulut, pada kaki ada luka juga terus nafsu makan berkurang.

Untuk pencegahan awal, kita imbau kepada peternak jaga kebersihan kandang dan selalu desinfektan sekitar kandang.

 

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut