get app
inews
Aa Read Next : Video KPPS 03 Sumur Tujuh Memukau Warga dengan Kostum Kuda Lumping

BPBD Tanggamus Bersama Camat Wonosobo Tinjau Dua Sungai di Wonosobo

Rabu, 03 Agustus 2022 | 21:35 WIB
header img
Tim BPBD bersama Camat Wonosobo meninjau aliran sungai way ngarip dari atas jembatan pekon balak, Wonosobo.(3/8/2022) foto istimewa

Tanggamus, Pringsewu iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus meninjau  dua aliran sungai di Wonosobo.Rabu (3/7/2022).

 

 

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Edyan M. Thoha didampingi Camat Wonosobo Edy Fachrurrozy dan Kepala Pekon Lakaran Suryadi meninjau aliran sungai Sungai Way Ngarip dari atas jembatan di Pekon Balak, tanggul Banyu Urip serta aliran sungai di Pekon Sampang Turus.

 

Dari atas jembatan menuju ke hilir sungai nampak jelas aliran sungai way ngarip  mengalami pendangkalan di beberapa titik menyerupai pulau  yang membelah sungai.

 

Di bagian hilir, di pekon lakaran aliran sungai way ngarip  mengikis tanggul pengaman banjir hingga nyaris terputus.

 

Camat Wonosobo Edi Fahrurrozi kepada Pringsewu iNews.id mengatakan, pihaknya akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat untuk normalisasi sungai way ngarip dan perbaikan tanggul yang nyaris putus. Mengingat kedua masalah tersebut sangat vital karena berhubungan dengan pertanian dan pemukiman beberapa pekon dari antisipasi banjir. 

 

"Normalisasi sungai way ngarip dan perbaikan tanggul segera akan kami usulkan ke bupati, karena ini aspirasi masyarakat Wonosobo untuk penanggulangan banjir. BPBD Tanggamus tadi sudah meninjau langsung." Ungkapnya usai meninjau lokasi,Rabu (3/8/22).

 

Selanjutnya, Tim BPBD tanggamus bersama Camat Wonosobo beralih meninjau aliran sungai Sampang Turus dan di dapati jembatan yang rusak akibat terjangan banjir bersamaan banjir way liwok (24/7) yang lalu.

 

Mirisnya jembatan darurat tersebut sudah ketiga kalinya di benahi oleh masyarakat setempat, mengingat jembatan tersebut merupakan satu -satunya akses keluar masuk Pekon Sampang Turus ke pekon lain.

 

Selain jembatan rusak, pekon sampang turus di lewati tiga aliran sungai sehingga di butuhkan pembangunan jembatan baru.

 

" Kita sudah usulkan sebagai skala prioritas kepada pemkab tanggamus di tahun 2023 perbaikan jembatan atau pembuatan jembatan baru di pekon sampang turus." Pungkas Edi Fahrurrozi.

 

Harapan masyarakat akan pembangunan jembatan di pekonnya sudah menjadi impian mereka sejak lama, karena tidak sedikit pejabat pemkab tanggamus maupun propinsi lampung yang berjanji akan membangun jalan dan jembatan saat berkampanye.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut