get app
inews
Aa Read Next : Tekan Peningkatan Penyakit DBD: Bhabinkamtibmas Polsek Sukoharjo Beraksi dengan Fogging

Dinas PUPR Pringsewu Edukasi Pemeliharaan Jalan Partisipasi Kepada Masyarakat di Pekon Sidoharjo

Selasa, 16 Agustus 2022 | 06:33 WIB
header img
Sosialisasi dan Edukasi Pemeliharaan Jalan Partisipatip Kepada Masyarakat.Foto Bidang Bina Marga Dinas PUPR Pringsewu (16-08-2022)

PRINGSEWU.Pringsewu.iNews.id-Drainase Baik Menciptakan Jalan Berfungsi Mantap.Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kebupaten Pringsewu Sosialisasi dan Edukasi Pemeliharaan Jalan Partisipatif Kepada Masyarakat.

Kelompok Kerja Pemelihara Jalan Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu bersama dengan Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Bidang Bina Marga pada hari Jum’at Tanggal 5 Agustus 2022 telah melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan drainase pada Ruas Jalan Gotong Royong, Ruas Jalan Aries dan Ruas Jalan Pusri dari sampah plastik, rumput , tumbuhan liar dan sedimen tanah.

Drainase yang baik dapat mencegah berbagai masalah yang dapat muncul tanpa disadari oleh masyarakat. Dari munculnya masalah banjir,erosi dan kerusakan jalan. 

Tindakan menutup selokan depan rumah yang tidak disertai membersihkan secara rutin dari sampah, rumput serta sedimen tanah di depan rumah dan tempat usaha masyarakat menjadi satu hal yang terlihat sebagai penyebab rusaknya jalan. 

Air hujan atau air dari kegiatan rumah tangga harus mengalir dari jalan untuk masuk ke dalam selokan drainase, namun ketika drianase kotor serta ditutup drianase tanpa lubang masuk ke selokan drainase pada bahu pinggir jalan air akan berkumpul di jalan membentuk genangan kubangan. 

Hal ini yang bila terlalu lama dapat merusak jalan karena sistem drainase yang tidak terhubung menyebabkan air tidak terbuang ke dalam sungai, kolam, sumur resapan dan laut .

Tindakan masyarakat karena terbatasnya informasi mengenai manfaat manjaga kebersihan lingkungan jalan, regulasi keterlibatan masyarakat dalam peran serta memelihara jalan dan belum adanya wadah berkumpulnya masyarakat pemelihara jalan partisipatip.

Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Melalui Bidang Bina Marga,Fahmi Ikrom mengadakan Kegiatan Optimalisasi Pemeliharaan Jalan Partisipatip dengan memfasilitasi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu dalam tata cara melaksanakan inspeksi dan pemeliharaan drainase jalan.Saat di wawancara wartawan.Pringsewu.iNews.id.Selasa.(16/08/2022)

Partisipatip masyarakat melalui terbentuknya wadah kelompok kerja pemelihara jalan yang berperan aktif dalam menjaga kebersihan drainase jalan untuk menciptkan lingkungan yang terhindar dari dampak buruk drainase sesuai dengan amanat Undang –Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, dimana penyelenggara jalan dapat dilaksanakan secara berdaya guna dan berhasil guna diperlukaan keterlibatan masyarakat. 

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sehingga terwujudnya pelaksanaan pemeliharaan jalan di seluruh wilayah pekon di Kabupaten Pringsewu yang memberikan dampak meningkatnya jaminan kelancaran prasarana jaringan ruas jalan dengan kondisi daya dukung berfungsi mantap Tutup " Fahmi Kabid bina marga Dinas PUPR Pringsewu"

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut