get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Lampung Memuji Kedisiplinan Para Buruh: Aksi May Day Berlangsung Damai

Bus Tidak Berstiker Laik Mudik Tidak Bisa Beroperasi

Senin, 10 April 2023 | 14:55 WIB
header img
Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus Cek Bus Arus Mudik ,Senin,( 10/04/2023) Foto iNewsPringsewu.id/Yusuf Ariansyah

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id-- Dinas Perhubungan (Dishub) Tanggamus menegaskan bagi Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang belum memiliki stiker layak jalan atau angkutan lebaran 2023 tidak bisa melakukan kegiatan menaikan dan menurunkan penumpang saat musim mudik lebaran 2023.

Kepala Dishub Tanggamus Herli Rahman mengatakan, hal itu diterapkan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi calon penumpang mudik lebaran yang menggunakan jasa angkutan umum, dalam hal ini yang menjadi sentralnya adalah bus.

Bagi angkutan bus yang belum memiliki stiker khusus dari Dishub Tanggamus tidak akan diperbolehkan untuk melakukan aktifitas.Terlebih lagi, lanjut Herli, bus yang belum ada stiker tidak akan di perbolehkan keluar masuk dalam terminal bus.

Karena pemeriksaan ini juga diberlakukan di semua terminal bus atau angkutan lebaran lainnya yang ada di Provinsi Lampung, terutama di terminal Bus Raja Basa Bandar Lampung.

"Untuk sanksi nya memang tidak akan diberikan kepada supir bus itu sendiri bilamana bus nya kedapatan tidak ada stiker khusus mudik lebaran dari kami. Melainkan akan kami berikan sanksi dalam surat teguran kepada Perusahaan Otobus (PO) yang menaungi bus tersebut. Dimana teguran itu langsung dari Dishub Provinsi Lampung. Jadi ada baiknya untuk mengikuti aturan saja," terang Herli, Senin (10/04/23).

Herli juga menjelaskan bahwasanya, pihak Dishub Tanggamus sudah melaksanakan pemeriksaan atau inspeksi terhadap AKDP yang beroperasi di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini pada Selasa (05/04/23) kemarin, di terminal bus Kota Agung yang melibatkan seluruh jajaran Dishub setempat dan juga para driver (supir) bus.

untuk sekiranya dilakukan perlengkapan. Jadi buat para calon penumpang yang akan mudik, bisa memilih bus yang sudah berstiker mudik lebaran ya, biar aman," tegasnya.

Terpisah, Supir Bus Penumpang Tri Dara, Syamsudin, mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan Ramcek yang dilaksanakan oleh Dishub Tanggamus. Yang mana menurutnya kendaraan tersebut dapat terperiksa dengan baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi supir, penumpang dan juga pengguna jalan.

"Saya sendiri jurusan Kota Agung - Rajabasa, akan tetapi jika ada informasi angkutan penumpang tujuan Jakarta atau sebaliknya berangkat, dan dengan dipasangnya stiker ini sangat berguna dan bermanfaat bagi supir khusunya bagi saya yang telah puluhan tahun menjadi supir bus penumpang,"pungkasnya.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut