get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Lampung Memuji Kedisiplinan Para Buruh: Aksi May Day Berlangsung Damai

Sosialisasi 4 pilar,Anggota MPR RI Endro Suswantoro Yahman

Senin, 22 Mei 2023 | 15:11 WIB
header img
Sosialisasi 4 pilar: Tanggamus Lampung, Anggota MPR RI Endro Suswantoro Yahman, Foto iNewsPringsewu.id/Wagiman

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id-Kegiatan Sosialisasi 4 pilar MPR RI dilaksanakan masih dalam suasana kekeluargaan dan masih dalam semangat perayaan hari raya Idul Fitri tahun 1444 H, atau di tahun 2023 menurut kalender nasional. 

Sosialisasi 4 pilar:Tanggamus Lampung,Anggota MPR RI Endro Suswantoro Yahman: “Pancasila dalam praktek kehidupan keseharian dengan membantu masyarakat miskin sebagai representasi perjuangan partainya wong cilik”. 

Saya sebagai anggota MPR RI mengucapkan selamat hari raya Idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin. Satu bulan yang lalu umat Islam telah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan 1 bulan penuh.  

Hikmah dari puasa salah satunya adalah menghayati, menjalani serta merasakan suasana kebathinan sebagai orang yang tidak berpunya dengan merasakan lapar dan kekurangan.

Suasana kebathinan yang dirasakan ini merupakan penguat spirit perjuangan kita untuk membantu sesama kita yang masih belum diuntungkan oleh sistem politik yang ada dengan cara gotong royong. Gotong royong adalah inti dari Pancasila. 

Mari kita perkuat melaksanakan Pancasila dalam praktek kehidupan keseharian. Papar Endro Suswantoro Yahman, putra kelahiran Pringsewu Lampung.

Pancasila adalah produk sejarah yang sangat monumental bangsa Indonesia, karena digali dari budaya bangsa dan menjadi “soko guru” rumah kebangsaan bernama Indonesia. 

Pancasila yang menjadi acuan dalam UUD tahun 1945, menjamin kebhinekaan dan sebagai perekat negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Inilah acuan dan sekaligus rambu-rambu dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga acuan pemerintah menjalankan pemerintahan. 

Ditangan masyarakat, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI adalah sebagai acuan untuk mengontrol pemerintah dalam menjalankan kebijakan, programnya. Sedangkan 4 pilar MPR RI ditangan pemimpin, adalah alat untuk mensejahterakan rakyat. Dengan sistem politik elektoral (pemimpin dipilih langsung berdasarkan suara terbanyak, red) perlu menambah energi/kekuatan rakyat untuk mengontrol, mengoreksi pemimpinnya.

Karena sistem politik demokrasi yang dijalankan saat ini, pemimpin mulai dari kepala daerah, presiden serta wakil rakyat dipilih secara langsung oleh rakyat. Dan tugas pemimpin tersebut menjalankan pemerintahannya untuk kesejahteraan rakyat. 

Saya sebagai anggota MPR RI/DPR RI, dan mereka kepala daerah dan presiden pada hakekatnya adalah pelayan rakyat. Tugas pemimpin adalah melayani yang dipimpinnya yaitu rakyat. 

Pungkas Endro, selain sebagai anggota MPR RI juga sebagai dosen di Universitas Trisakti. 

Pada acara tanya jawab juga banyak warga yang menyampaikan aspirasinya mengenai kondisi infrastruktur jalan yang kurang kondusif, program hutan kemasyarakatan karena wilayah yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan, program jaminan sosial dari Kemensos dan kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Acara dilaksanakan dirumah Joni Ansonet, SH Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Lampung, di Pekon Datar Lebuay , Kecamatan Airnaningan Tanggamus, Kamis 18 Mei 2023 Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini digelar mulai 13.30 ini berlangsung meriah dan antusias warga, dihadiri lebih dari 150 orang dan berakhir pk 17.30 Wib. Hadir dalam acara ini Suhartono Kepala Pekon Datar Lebuay,M. 

Yusuf dari BHP Lebuay, Erwinsyah Kepala Pekon Sinar Sekampung, Aipda Hi. Epri Mohansyah, SH Babinkamtibmas , Nur Zamzam tokoh tokoh Agama, tokoh Pemuda Suroso, Sutrisno, Deden Kelompok sadar wisata , Marlina kelompok ibu-ibu dan Cecep Karyono PAC PDI Perjuangan Kecamatan Airnaningan. Acara sosialisasi diisi juga oleh 2 tenaga ahli DPR RI, Agus Irwanto, SE dan Nopi Juansyah, ST.. kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog dan serap aspirasi.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut