get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

Pemindahan Rumah Kayu Secara Gotong Royong yang Masih Terjaga

Jum'at, 23 Juni 2023 | 17:44 WIB
header img
Proses pemindahan rumah kayu di pekon Kalirejo Kecamatan Wonosobo Tanggamus dilakukan secara gotong royong.Jumat(23/06/23) FOTO iNews Pringsewu id/Hardi Suprapto.

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id, -  Puluhan orang bergotong royong memindahkan rumah kayu secara manual di dusun 2 Pekon Kalirejo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus Lampung, Jumat (22/06/2023) sore.

Gotong royong pemindahan rumah dengan menggunakan bambu yang di ikat disetiap  soko sebagai pengait guna menjadi tumpuan untuk mengangkat.

Pengangkatan rumah menggunakan tenaga manusia , sekitar 50 orang, dengan satu orang sebagai komando untuk mengarahkan laju arah agar tidak menyangkut di salah satu dahan atau pohon yang jadi rintangan dalam pergeseran rumah.

Diketahui , pemilik rumah bernama Kuslahman , seorang lansia berusia 72 tahun yang hidup sebatang kara menepati rumah kayu tersebut.

Pergeseran rumah miliknya berjarak 70 meter dari  dari tempat semula yang masih menumpang di lahan orang lain, di pindahkan secara swadaya oleh masyarakat ke lokasi tanah miliknya.

Kapala dusun 2, Suyitno mengatakan, kegiatan pemindahan rumah kayu merupakan kegiatan gotong royong yang sudah  berjalan puluhan tahun yang lalu .
Dan masyarakat Pekon Kalirejo masih tetap menjaga dan akan terus melestarikan budaya gotong royong di desanya yang lebih di kenal sebagai desa kerukunan umat beragama di wilayah Lampung.

"Gotong royong pemindahan rumah kayu di pekon kami sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, kegiatan seperti ini  dulu sering kalau sekarang sudah jarang karena mayoritas rumah sekarang sudah banyak yang permanen." Jelasnya kepada iNews Pringsewu id, Jumat (23/06/23) di lokasi.

" Budaya gotong royong akan terus kita lestarikan di desa kami yang sudah dikenal sebagai desa kerukunan umat beragama."tutupnya.

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut