get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

Adat Istiadat yang Masih Sangat Terjaga di Pekon Balak

Selasa, 18 Juli 2023 | 13:11 WIB
header img
Arak-arakan pengantin adat Lampung Pesisir Paksi Pengeran Ngarip Pekon Balak, Tanggamus.Selasa (18/7/2022). FOTO iNews Pringsewu id/Hardi Suprapto

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id, - Acara pernikahan secara adat istiadat di Pekon Balak Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus Lampung, masih sangat terjaga kelestariannya,Selasa (18/7/2023).

Hal tersebut dapat terlihat di salah satu acara pernikahan yang di gelar dengan acara adat istiadat di wilayah pekon setempat.

Acara pernikahan putra dari Dalom Jaya Mulya yang di gelar secara adat sangat meriah dan penuh hikmat.

Dalam acara tersebut ,tampak menarik perhatian adalah acara arak -arakan  pengantin.
Dengan di iringi gamolan , tala atau gong pengantin di iringi 7 dayang putri dan 7 dayang  pria melakukan perjalanan  menuju ketempat tetua adat yaitu Ratu dan Pengeran dengan gelar Sultan Pengeran Paksi Mangunang Tatanegara Paksi Ngarip Pekon Balak .

Dengan mendapatkan restu dari Ratu dan Pengeran, kedua mempelai kembali di arak dengan dihantarkan oleh Ratu dan Pengeran dengan di payungi dengan payung kebesaran dengan  sebutan Payung Agung atau  Gobekh dengan berwarna putih dan kuning.

Arak -arakan pengantin tampak ramai, dengan pasukan bujang sebagai pembuka jalan yang berbaris paling depan dengan sebutan " Nek Nek Hu,", disusul dengan tarian pedang dengan jumlah  6  orang, dengan piawai dan ketangkasan memainkan pedang berjalan di depan Ratu dan Pengeran serta rombongan kedua pengantin.

Dengan beralaskan kasur putih dan kuning, Ratu dan Pengeran di sambut oleh pengurus adat untuk memasuki ruangan yang sudah di persiapkan.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penjemputan keluarga besan, sesampainya di tempat acara, pengantin pria dengan didampingi 7 dayang laki-laki duduk di singgasana pelaminan.

Sementara untuk pengantin perempuan diwajibkan melakukan acara ritual  pembacaan ayat suci Al Qur'an atau dengan sebutan  "Butamat."

Setelah selesai, tahapan berikutnya adalah pemberian gelar kepada kedua pengantin.

Menurut Bidi,  pengurus acara adat setempat menjelaskan, banyak beragam acara ritual  pernikahan adat Lampung Pesisir  Paksi Pengeran Ngarip Pekon Balak Sebelum dan sesudah acara resepsi.

Sehari sebelum acara resepsi dan arak -arakan digelar , acara  ngehajang kumbang, dan kesenian pencak silat atau disebut "miccak," dan dilanjut "daduwaian."

Kepala Pekon Pekon Balak, M.Basir ,S.sos, kepada iNews Pringsewu id  mengatakan, pemerintah pekon sangat mengapresiasi dan dukungannya kepada tokoh adat, karena masih sangat memelihara acara ritual dan adat istiadat budaya warisan dari nenek moyang .

"Kami selaku pemerintah Pekon Balak, sangat berterimakasih dan mengapresiasi serta dukungan kepada tetua adat, tokoh adat serta pengurus adat yang sudah senantiasa menjaga dan melestarikan budaya adat istiadat warisan leluhur kami," ungkapnya.

"Diacara pernikahan secara adat yang digelar oleh Dalom Jaya Mulya berjalan sangat meriah dan sukses,"tutupnya.

 

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut