get app
inews
Aa Read Next : Polres Tanggamus Tangkap Pelaku Jambret di Jalan Lintas Barat Kota Agung Barat

Bersih Desa Pekon Sridadi Gelar Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 13:29 WIB
header img
Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo Tanggamus, Jumat 4/8/2023) malam.Foto iNews Pringsewu id/Hardi Suprapto.

TANGGAMUS,iNewsPringsewu id, - Memperingati hari jadi ke -51 tahun, Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus,  Lampung mengadakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk  pada Jum'at malam 4 Agustus 2023.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di gelar di halaman rumah Kepala Pekon Sridadi dengan lakon "Wahyu Tri Manggolo," yang dibawakan Kidalang  Jamal dari Pekon Sedayu.

Ratusan warga pekon setempat dan warga pekon sekitar turut serta menyaksikan acara pagelaran kesenian pada kegiatan Bersih Desa atau Suroan , bulan Muharram 1444 Hijriah.

Dalam rangkaian acara, Suwandi Kepala Pekon Sridadi menyerahkan secara simbolis tokoh wayang Arjuna kepada Kidalang sebagai bentuk simbol tradisi  mengembangkan seni budaya dalam ruatan desa pekon setempat.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, acara diisi terlebih dahulu dengan pengajian yang dibawakan Ustadz  Miftahul Ulum dari Semaka Tanggamus.

Dalam sambutannya, Kepala Pekon Sridadi menyampaikan, dengan  dilaksanakan kegiatan tradisi disetiap bulan Muharram atau Suro , diharapkan agar warganya senantiasa memelihara budaya leluhur dan mengedepankan ajaran agama sebagai pedoman dalam bermasyarakat.

" Setiap tahunnya kita melaksanakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi yaitu pagelaran wayang kulit untuk acara ruwatan pekon,"terangnya.

" Kegiatan Suran ditahun 2023 ini, ada  beberapa kegiatan diantaranya pagelaran seni kuda kepang, doa bersama dan pengajian,"ujarnya.

"Dengan melaksanakan tradisi yang sudah turun temurun di pekon kami, kegiatan tersebut merupakan sebagai bentuk pengembangan seni budaya yang harus kita lestarikan bersama," tutupnya.

Camat Wonosobo Edi Fahrurrozi  dalam arahannya menyampaikan agar masyarakat senantiasa diberikan kesehatan dan rizki serta persatuan , sehingga diharapkan dapat menyukseskan pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang.

"Dalam acara bersih pekon ini, saya berharap kita semua dikaruniai kesehatan, kedamaian dan rizki oleh Allah, sehingga kita jaga persatuan dalam menghadapi tahun politik dan demokrasi pada Pemilu 2024," tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan bersih desa Pekon Sridadi tersebut , Camat Wonosobo, Kapolsek Wonosobo, Danramil Wonosobo, Anggota DPRD Tanggamus, Apdesi Kecamatan Wonosobo, dan semua komponen masyarakat pekon setempat

Editor : Hardi Suprapto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut