get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Lampung Memuji Kedisiplinan Para Buruh: Aksi May Day Berlangsung Damai

KPU Tanggamus Gelar Edukasi Pemilu untuk Siswa SMPN 1 Talang Padang

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 14:45 WIB
header img
KPU Kabupaten Tanggamus menggelar edukasi pemilu untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 Talang Padang, Sabtu,(26/08/2023).Foto iNewsPringsewu.id/Wagiman

TALANGPADANG,iNewsPringsewu.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menggelar edukasi pemilu untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 Talang Padang,Kegiatan ini digelar dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila P5 dengan tema "Suara Demokrasi".

Narasumber pada kegiatan ini adalah Amhani Sholihin, S.Ag, anggota KPU Tanggamus divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan parmas. Dalam materinya, Amhani menjelaskan tentang pentingnya partisipasi pemilu bagi pelajar.

"Pelajar adalah calon pemilih yang akan menentukan masa depan bangsa ini. Oleh karena itu, pelajar harus memiliki pemahaman yang baik tentang pemilu," kata Amhani.

Amhani juga menjelaskan tentang tata cara pemilihan umum, mulai dari pendaftaran pemilih, kampanye, hingga pemungutan dan penghitungan suara.

Selain itu, Amhani juga mempraktekan simulasi langsung tata cara pemilihan umum dalam TPS. Simulasi ini diikuti oleh siswa-siswi SMPN 1 Talang Padang.Dalam kesempatan ini, KPU Tanggamus juga mengenalkan Maskot Sura dan Sulu serta Jinggel Pemilu 2024.

Kepala SMPN 1 Talang Padang, Emawati, S.Pd, menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa-siswi tentang pemilu.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi dapat memahami tentang pemilu dan menjadikan pemilu sebagai ajang untuk menyuarakan aspirasinya," Ucap Emawati.

Ketua Panitia, M. Amirul Hafiz, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMPN 1 Talang Padang. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menggelar kegiatan serupa.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menggelar kegiatan serupa," ujar Amirul Hafiz.

Pada akhir kegiatan, siswa-siswi SMPN 1 Talang Padang diberikan materi dan buku panduan pemilu dari KPU Tanggamus.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut