get app
inews
Aa Read Next : Polres Tanggamus Tangkap Pelaku Jambret di Jalan Lintas Barat Kota Agung Barat

Puluhan Hektar Lahan Terbakar di Pugung

Rabu, 18 Oktober 2023 | 18:17 WIB
header img
Antisipasi meluasnya kebakaran lahan di 3 Pekon wilayah Kecamatan Pugung,Rabu,(18/10/2023).Foto iNewsaPringsewu.id/Humas Polres Tanggamus

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id- Antisipasi meluasnya kebakaran lahan di 3 Pekon wilayah Kecamatan Pugung, Kapolres Tanggamus, AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K, memimpin operasi pemadaman kebakaran yang melibatkan sejumlah pihak terkait, Rabu 18 Oktober 2023.

Kegiatan dipusatkan di Pekon Gunung KasihPaska kebakaran hebat yg bermula pada Selasa, 17 Oktober 2023, sekira pukul 23.30 dan merambat ke sejumlah lahan perkebunan, mencakup luas wilayah yang signifikan.

Kegiatan pemadaman ini mendapat perhatian serius dari berbagai unsur, termasuk Kepolisian, TNI, Pemerintah Kabupaten, dan komunitas setempat. Bahkan Pemkab Tanggamus telah berlakukan tanggap darurat di wilayah tersebut.

Operasi pemadaman melibatkan pencarian dan pemadaman titik sisa api yang dapat memicu bahaya lebih lanjut. Metode pemadaman yang digunakan termasuk menggunakan tangki semprot dan mobil pemadam kebakaran.

Kebakaran ini terjadi di lahan perkebunan warga, serta lahan milik PT. Surya Lampung. Lahan-lahan ini berisi berbagai jenis pohon, termasuk sengon, cokelat, jambon, minyak kayu putih, kakao, dan karet, dengan total luas lahan yang terkena dampak mencapai 70 hektar.

AKBP Siswara Hadi Chandra menambahkan, penyebab awal kebakaran ini diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh seseorang yang melintas.

Pasalnya, kebakaran yang terjadi di Pekon Gunung Kasih, Pedukuhan Sukamarnah, telah mencapai luas lahan terbakar sekitar 70 hektare. Lahan tersebut terdiri dari tanaman kayu Jambon seluas 50 hektare dan tanaman kakao seluas sekitar20 hektare.


Kapolres Tanggamus, AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K, memimpin operasi pemadaman kebakaran

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut