get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

Sejumlah Elemen Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Tanggamus

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 00:32 WIB
header img
Hasil patroli tersebut hingga pukul 14.30 WIB, tidak ditemukan lagi titik api, Kamis,(19/10/2023). Foto iNewsPringsewu.id/Humas Polres Tanggamus

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id-Paska kebakaran yang melanda lahan seluas 70 hektar dan tanggap darurat. Polres Tanggamus, Kodim, sejumlah elemen dan masyarakat bergerak bersatu untuk memadamkan sisa-sisa api yang sebelumnya tak terjangkau, Kamis,(19/10/2023).

Penanganan bencana ini dihadapi dengan berbagai kendala, salah satunya adalah akses dan medan yang harus ditempuh ke lokasi kebakaran yang tidak dapat dilalui oleh Kendaraan Damkar, sehingga personel yang terlibat harus menggunakan motor dengan membawa alat semprot pertanian guna memadamkan api. Namun Damkar tetap siaga di Dusun Cempaka, Gunung Kasih guna mengantisipasi menjalarnya api ke pemukiman.

Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K mengatakan, Sebagai titik awal dari upaya penanganan bencana ini, juga dilaksanakan konsolidasi di posko tanggap bencana pekon gunung kasih.

Langkah-langkah taktis dilakukan tim dengan melaksanakan patroli darat yang dibekali tanki semprot untuk mencari titik api. 

Kemudian memberikan batasan jarak untuk menghentikan penyebaran api. 

"Sebelum pelaksanaan tugas, pada pukul 09.00 WIB, tim melaksanakan apel Konsolidasi yang dihadiri oleh kekuatan gabungan, termasuk Polri, TNI, BPBD, Damkar dan elemen masyarakat.

Kegiatan patroli dilakukan dengan melalui jalan setapak perkebunan-perkebunan, sebab cara itu merupakan yang paling efektif untuk mengidentifikasi lokasi kebakaran dan mengentikan kebakaran lahan yang sulit terjangkau tersebut.

"Hasil patroli tersebut hingga pukul 14.30 WIB, tidak ditemukan lagi titik api dan tim kembali ke posko untuk berkoordinasi dan menyusun rencana selanjutnya.

Tim melibatkan semua unsur dalam penanganan bencana ini, menunjukkan koordinasi yang kuat dan komitmen dalam menghadapi situasi krisis ini.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut