get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPPS 12 Pekon Mataram Ajak Masyarakat Datang ke TPS dengan Semangat Valentine

Federasi Juru Informasi Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar untuk Pelajar SMK

Sabtu, 25 November 2023 | 17:18 WIB
header img
Federasi Juru Informasi (FJI) menggelar pelatihan jurnalistik di SMK Gading Rejo,Sabtu,(25/11/2023).Foto iNewsPringsewu.id/Indra Siregar

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Federasi Juru Informasi (FJI) menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar untuk pelajar SMK di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (25/11/2023).

Pelatihan yang mengangkat tema "Menumbuhkan Semangat Menulis untuk Generasi Milenial di Era Digital" ini diikuti oleh puluhan siswa dari SMK Negeri 1 Gadingrejo.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pringsewu, Eko Kusmiran, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini.

"Pelatihan ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat menulis di kalangan generasi milenial," ujar Eko.

Pemateri dalam pelatihan ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari kepolisian, wartawan, hingga akademisi.

Dari kepolisian, IPDA Rahmat Basuki dari Polres Pringsewu memberikan materi tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta berita hoax.

Sementara itu, Andri Kurniawan, kordinator Liputan televisi, memberikan materi tentang teknik pengambilan gambar dan penulisan berita untuk media televisi.

Tutor Manalu, seorang wartawan media cetak dan online, memberikan materi tentang teknik penulisan berita untuk media cetak dan online.

Ketua FJI, Mat Syarifal, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang jurnalistik kepada para pelajar.

Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para pelajar dapat menambah wawasan dan keterampilannya dalam menulis berita," ujar Mat Syarifal.

(Lima peserta Siswa menjadi yang terbaik dalam penulisan jurnalistik )

Dalam pelatihan ini, para peserta juga berkesempatan untuk praktik menulis berita. Hasil tulisan mereka kemudian dikritisi oleh para pemateri.

Mat Syarifal berharap, pelatihan ini dapat menjadi awal bagi para pelajar untuk menekuni profesi jurnalistik di lingkungan sekolahnya .

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut