get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPPS 12 Pekon Mataram Ajak Masyarakat Datang ke TPS dengan Semangat Valentine

SMAN 1 Gadingrejo Terima Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar dari FJI

Selasa, 28 November 2023 | 21:17 WIB
header img
Ketua Federasi Juru informasi Memberikan Piagam Penghargaan diterima Apriana Wiguna.M.Pd,Kepala sekolah SMAN 1 Gadingrejo,Foto iNewsPringsewu.id/Indra Siregar

GADINGREJO,iNewsPringsewu.id-SMA Negeri 1 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, menerima pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang digelar oleh Federasi Juru Informasi (FJI). Pelatihan ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas 11 dan 12, dengan total peserta sebanyak 50 orang.

Materi yang diberikan meliputi dasar-dasar jurnalistik, seperti penulisan berita, teknik wawancara, dan fotografi jurnalistik.

Pelatihan diisi oleh dua pemateri dari kalangan wartawan, yaitu tutor Manalu, seorang jurnalis cetak, dan Andri Kurniawan, seorang jurnalis televisi. 

Tutor Manalu memberikan materi tentang penulisan berita, sedangkan Andri Kurniawan memberikan materi tentang teknik wawancara dan pengambilan Gambar televisi.

Pada sesi pertama pelatihan diisi oleh Ipda Rahmat Basuki dari Polres Pringsewu. Ipda Rahmat Basuki memberikan materi tentang kategori berita hoaks dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ketua FJI , Mat Syarifal, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Gadingrejo di bidang jurnalistik.

"Kami berharap, dengan pelatihan ini, siswa dan siswi dapat membuat karya jurnalistik yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku," kata Mat Syarifal.

Kepala SMA Negeri 1 Gadingrejo, Apriana Wiguna, M.Pd., menyambut baik pelatihan jurnalistik yang digelar oleh FJI . Ia berharap, pelatihan ini dapat mengembangkan potensi siswa dan siswi di bidang jurnalistik.

"Pelatihan jurnalistik ini sangat bernilai untuk siswa dan siswi kelas 11 dan 12. Kami bangga salah satu anak kami menjadi yang terbaik dalam pelatihan ini," ucapnya.

Siswa yang menjadi salah satu peserta terbaik disebutkan berhasil meraih keunggulan dalam lomba. Apriana Wiguna berharap bahwa pelatihan ini akan membantu mengembangkan keahlian siswa dalam menciptakan karya jurnalistik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut