get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Lampung Memuji Kedisiplinan Para Buruh: Aksi May Day Berlangsung Damai

Menyelami Keindahan Tradisi Arak-arakan di Pringsewu, Lampung

Kamis, 29 Februari 2024 | 08:49 WIB
header img
"Persembahan Budaya Lampung: Ngarak Maju dan Tradisi Tatap Manten di Dusun Sinar Baru, Pringsewu"Foto istimewa

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Di tengah gemerlapnya perkembangan zaman dan teknologi, keajaiban tradisi tetap bersemi.Salah satunya adalah tradisi Arak-arakan atau Ngarak Maju, sebuah ritual iring-iringan pengantin yang masih kokoh terselip di kehidupan masyarakat Lampung, tepatnya di Dusun Sinar Baru, Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

Pada pagi cerah Senin, 26 Februari 2024, matahari menyapa kehadiran acara resepsi pernikahan salah satu keluarga Pemangku Adat yang dihiasi dengan Ngarak. 

Masyarakat setempat berkumpul untuk menyaksikan keindahan budaya ini yang digelar dengan penuh kebanggaan.

Subhan Syah, atau yang lebih dikenal sebagai Dalom Mangku Bandakh, seorang tokoh Pemangku Adat, menyampaikan betapa pentingnya Ngarak ini bukan hanya sebagai prosesi pernikahan semata, tetapi juga sebagai upaya memelihara kekayaan budaya Lampung agar tetap hidup dan dikenal di tengah arus modernisasi.

"Dalam Ngarak ini, kita bukan hanya menyaksikan perjalanan pengantin, tetapi juga merayakan kehidupan budaya Lampung yang kaya dan indah. Budaya adalah cerminan dari identitas kita yang harus kita jaga dan lestarikan," ujar Dalom Mangku Bandakh di kediamannya.

Tak hanya Ngarak, acara tersebut juga dihiasi dengan Pincak Khakot (Silat Lampung) dan Betabuh (Hadra), memberikan sentuhan spiritual yang memperkaya makna keseluruhan acara.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut