get app
inews
Aa Read Next : Prajurit Yonif 9 Marinir Akhiri Latihan dengan Aksi Sosial di Pesawaran: Kebersamaan dan Kepedulian

Prajurit Yonif 9 Marinir Mengikuti Pembukaan Latma Carat 2024

Selasa, 14 Mei 2024 | 07:52 WIB
header img
Latma Carat 2024: Kolaborasi Militer TNI AL dan US Navy Resmi Dimulai, Foto istimewa

PESAWARAN,iNewsPringsewu.id-Latihan bersama (Latma) Carat 2024 resmi dimulai pada Senin (13/05/24) dengan digelarnya upacara pembukaan di Ksatrian Yonif 9 Marinir, Batumenyan, Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung. Upacara ini dibuka oleh Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi.

Latma Carat (Cooperation Afloat Readiness and Training) tahun ini memasuki tahun kedua pelaksanaannya dan merupakan pengembangan dari program pertukaran ilmu pengetahuan yang pertama kali diselenggarakan di Lampung. 

Latihan ini melibatkan 1.380 personel TNI AL dengan Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Ludfy, sedangkan dari pihak Amerika Serikat, latihan ini dipimpin oleh Capt. James Robinson dari US Navy dan Colonel Sean Dynan dari USMC. Latihan ini juga melibatkan penggunaan berbagai persenjataan, termasuk kapal perang, pesawat udara, dan senjata artileri.

Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir, Letkol Marinir Fuzi Nugroho, turut hadir dalam upacara pembukaan ini mendampingi Danbrigif 4 Mar Kolonel Marinir Supriyadi Tarigan. Letkol Marinir Fuzi Nugroho menjelaskan bahwa dalam latihan ini, prajurit Marinir akan berlatih bersama USMC melalui berbagai kegiatan baik militer maupun kegiatan kemanusiaan seperti bakti kesehatan, bersih-bersih pantai, renovasi sekolah, serta hiburan musik.

Sebanyak 303 personel Marinir terlibat dalam kegiatan ini, dipimpin langsung oleh Letkol Marinir Fuzi Nugroho. 

Latihan bersama Carat 2024 bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia di bidang militer, serta meningkatkan kemampuan dan kesiapan tempur kedua negara.

Latma Carat 2024 diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi prajurit kedua negara serta memperkokoh kerjasama strategis di kawasan Asia-Pasifik.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut