get app
inews
Aa Read Next : Oknum Wartawan di Tanggamus Ditangkap, Terbukti Konsumsi Narkoba di Tengah Malam

Kecelakaan Maut di Tanggamus: Bus Pariwisata Rem Blong, Puluhan Penumpang Terluka

Rabu, 22 Mei 2024 | 13:28 WIB
header img
Kecelakaan Maut di Tanggamus: Bus Pariwisata Rem Blong, Puluhan Penumpang Terluka,Foto istimewa

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id- Lantas Polres Tanggamus berhasil mengevakuasi dan mengidentifikasi kecelakaan tunggal bus pariwisata di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Bus tersebut membawa peserta study tour dari MIN 1 Pesisir Barat menuju Bandar Lampung.

Kasat Lantas Polres Tanggamus, Iptu Ridwansyah, menyatakan bahwa kecelakaan terjadi pada Rabu, 22 Mei 2023, sekitar pukul 01.30 WIB. Bus pariwisata Mercedes Benz dengan nomor polisi AD 7719 OG yang dikemudikan oleh Jamaludin (57), warga Ciamis, Jawa Barat, mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Barat Pekon Sedayu.

"Bus tersebut mengangkut 3 kru mobil, 24 siswa, 16 guru pendamping, dan 1 balita," ujar Iptu Ridwansyah mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Rinaldo Aser.

Akibat kecelakaan ini, beberapa penumpang mengalami luka-luka. Pengemudi, Jamaludin, mengalami luka robek dan lecet. Penumpang lainnya, Yuniarti (30), mengalami patah di telapak tangan kiri; Muklis (55) mengalami patah tulang lengan kanan; dan Indilah (30) mengalami luka robek di pelipis kiri. Dua siswa, Dede (12) dan Yoga (12), masing-masing mengalami luka robek di pelipis dan dahi sebelah kanan serta pelipis kiri.

"Para korban langsung dibawa ke Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Semaka, untuk pertolongan pertama, dan lima korban dirujuk ke RSUD Batin Mangunang, Kota Agung, untuk perawatan lebih lanjut," tambahnya.

Penumpang yang selamat dievakuasi ke rest area Masjid Imanudin, Kecamatan Semaka, sambil menunggu penjemputan oleh keluarga masing-masing.

Proses evakuasi dilakukan oleh personil Polsek Semaka dan Sat Lantas Polres Tanggamus dengan bantuan warga sekitar. 

Iptu Ridwansyah menjelaskan, kecelakaan terjadi saat bus melintasi jalan menikung dan menurun, diduga akibat kegagalan fungsi pengereman (rem blong) sehingga bus terperosok ke jurang.

"Kecelakaan ini menjadi pengingat bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dan memastikan kesiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh," tutup Iptu Ridwansyah.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut