get app
inews
Aa Read Next : Almira Nabila Fauzi Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPD RI: Suara Muda untuk Lampung

PJ Gubernur Lampung Samsudin Kunjungi Monumen Perjuangan CPM di Panggungrejo-Pringsewu

Kamis, 03 Oktober 2024 | 16:46 WIB
header img
PJ Gubernur Lampung Samsudin bersama rombongan Pemerintah Provinsi Lampung berfoto di depan Monumen Perjuangan CPM di Pekon Panggungrejo, Pringsewu,pada Kamis siang (03/10/2024).Foto iNewsPringsewu.id

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id— Penjabat (PJ) Gubernur Lampung, Samsudin, melakukan kunjungan ke Monumen Perjuangan Corps Polisi Militer (CPM) yang terletak di Pekon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemerintah provinsi Lampung di kabupaten tersebut.

Monumen Perjuangan CPM, atau dikenal juga sebagai Tugu Gajah Mada, memiliki nilai sejarah yang mendalam bagi masyarakat setempat. Monumen ini didirikan pada tahun 1987 sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para prajurit CPM dan laskar rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Monumen ini diresmikan oleh Gubernur Lampung saat itu, Letnan Jenderal TNI (Purn) Pujono Pranyoto, pada 19 Juli 1988.

Pembangunannya bertujuan untuk mengenang perjuangan CMP Kompi C Batalyon yang dipimpin oleh Komandan Lettu Suratno, yang bersama laskar rakyat bermarkas di Desa Panggungrejo, bertempur melawan penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kunjungannya, Gubernur Samsudin menyampaikan apresiasi atas keberadaan monumen yang menjadi pengingat sejarah perjuangan bangsa. "Monumen ini tidak hanya menjadi saksi bisu sejarah, tetapi juga pengingat bagi generasi muda tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan darah dan pengorbanan," ujar Samsudin.

Rombongan pemerintah provinsi turut hadir dalam kunjungan tersebut, dengan berbagai kegiatan yang bertujuan memperkuat ikatan sejarah dan budaya di Pringsewu.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut