DPRD Lampung Ajukan Tiga Nama Penjabat Gubernur

Rahmad
Wakil Ketua DPRD Lampung, Yozi Rizal, Foto istimewa

LAMPUNG,iNewsPringsewu.id – DPRD Provinsi Lampung akhirnya mengajukan tiga nama sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Lampung. 

Keputusan ini menandai perubahan signifikan dari usulan sebelumnya yang hanya mengajukan satu nama, yaitu Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung, Fahrizal Darminto, yang sempat menimbulkan polemik di kalangan masyarakat dan politisi.

Wakil Ketua DPRD Lampung, Yozi Rizal, menyatakan bahwa para pimpinan DPRD Lampung telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 31 Mei 2024. Pertemuan tersebut, yang juga dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir, membahas usulan Pj Gubernur Lampung.

“Kami sudah membahas Pj Gubernur bersama Kemendagri,” ujar Yozi Rizal pada Senin, 3 Juni 2024. Dalam pertemuan itu, disepakati tiga nama calon Pj Gubernur Lampung untuk menggantikan Arinal Djunaidi, yang masa jabatannya akan berakhir pada 12 Juni 2024.

Ketiga nama yang diusulkan sebagai calon Pj Gubernur tersebut adalah Sekprov Lampung Fahrizal Darminto, Sekretaris Jenderal DPD RI Rahmad Hadi, dan Staf Ahli Kemenpora Syamsudin. Ketiga kandidat ini dianggap memiliki kapasitas dan pengalaman yang mumpuni untuk memimpin Provinsi Lampung dalam masa transisi.

Menurut Yozi Rizal, DPRD Lampung akan melanjutkan rapat pembahasan usulan pada 4 Juni 2024. Hasil dari rapat tersebut nantinya akan diusulkan kepada Presiden. "Hasil rapat 4 Juni, nantinya untuk diusulkan ke Presiden," kata Yozi yang juga menjabat sebagai Bendahara DPD Demokrat Lampung.

Dia menambahkan bahwa pemerintah pusat akan memastikan penunjukan Pj Gubernur Lampung sebelum 12 Juni 2024. “Kami berharap kandidat tersebut mengerti dan paham dengan situasi dan kondisi Lampung,” ungkapnya, menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap kondisi lokal bagi calon Pj Gubernur.

Dengan pengajuan tiga nama ini, DPRD Lampung berharap proses penunjukan Pj Gubernur dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Lampung menuju kemajuan dan stabilitas selama masa transisi pemerintahan.

Editor : Indra Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network