Kapolda Lampung Serukan Hindari Politik Identitas, Dorong Pilkada 2024 Damai dan Bersatu

Paroha
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika memberikan sambutan dalam kegiatan Cooling System Nasional di Gedung Serbaguna, Jum'at,(20/09/2024).Foto : Paroha

BANDARLAMPUNG,iNewsPringsewu.id– Suasana semarak meliputi kegiatan Cooling System Nasional (CSN) yang digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Mapolda Lampung pada Jumat (20/9/2024). Acara ini menjadi salah satu inisiatif penting Polri dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung pada November mendatang.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga persatuan dan menghindari penggunaan politik identitas yang berpotensi memecah belah masyarakat.

“Kita harus menghindari politik identitas. Lampung ini adalah miniatur Indonesia, dan kita harus membuktikan bahwa Lampung mampu menjadi contoh pelaksanaan pemilu yang tertib, aman, dan damai. Mari kita jaga suasana kondusif demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Irjen Pol Helmy Santika.

Kapolda juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pilkada. Menurutnya, kegiatan Cooling System Nasional bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif.

"Cooling System ini layaknya radiator mobil, berfungsi untuk mendinginkan situasi dan mencegah provokasi yang bisa memanaskan suasana," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasatgas Preemptif, Brigjen Pol M. Rudy Safriyadi, menyoroti pentingnya peran tokoh masyarakat dalam menciptakan Pilkada yang kondusif. Ia menyebutkan bahwa potensi kerawanan Pilkada kini bergeser ke Lampung, sehingga diperlukan dukungan penuh dari para tokoh masyarakat.

"Indeks kerawanan Pilkada di beberapa daerah telah bergeser ke Lampung. Oleh karena itu, kami sangat berharap dukungan tokoh masyarakat untuk menggemakan Pilkada yang aman dan damai. Jika tokoh-tokoh berperan aktif, masyarakat akan lebih mudah ikut menjaga keamanan," ujarnya.

Brigjen Rudy juga mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap penyebaran hoaks yang dapat memicu polarisasi dan keretakan sosial.

"Jangan mudah percaya dan menyebarkan berita yang belum terverifikasi. Ingatkan keluarga dan teman-teman untuk selalu memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Kita semua punya peran penting dalam menjaga situasi tetap aman," tegasnya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif yang melibatkan berbagai tokoh masyarakat, serta doa bersama yang dihadiri oleh pemuka agama dari Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha. Sebagai bentuk kepedulian sosial menjelang Pilkada, Satgas Nusantara Cooling System juga membagikan 5.000 paket sembako kepada masyarakat di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat bersinergi bersama Polri untuk menciptakan Pilkada yang damai dan menjadi contoh pelaksanaan pemilu yang berintegritas di Indonesia.

Editor : Indra Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network