get app
inews
Aa Read Next : Foto Kegiatan Polres Pringsewu Gelar Bakti Sosial Kesehatan

Bagaimanakah Cara Penggemukan Sapi limosin yang tepat?

Selasa, 12 Juli 2022 | 00:55 WIB
header img
Sapi jenis limosin yang diberikan Wali Kota Jaktim ke Rutan Wanita Pondok Bambu. Foto: Okto Rizki Alpino/SINDOnews/

3. Mencari pakan di waktu yang tepat

Pakan yang baik adalah pakan yang bebas dari telur cacing atau bibit penyakit lainnya.

Untuk memastikan bahwa pakan yang diberikan pada sapi limosin bebas dari penyakit atau telur cacing dan semacamnya, maka waktu yang tepat untuk mencari pakan sapi limosin adalah pada siang hari atau sore hari karena pada saat-saat tersebut biasanya tidak terdapat telur cacing yang ditetaskan oleh induk cacing, bila pun ada, kemungkinan bahwa telur tersebut sudah mati lebih tinggi bila dibandingkan pada saat-saat yang lain

4 Memberikan vitamin

Vitamin adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membuat sapi limosin tumbuh dengan sempurna. Selain memberikan p(akan yang banyak dan juga cukup, maka peternak sapi limosin sebaiknya juga memberikan vitamin dalam jangka waktu tertentu untuk membantu memperkuat tubuh sapi limosin yang mungkin rawan sakit pada saat-saat tertentu dan di sisi lain, dapat menambah asupan gizi yang ia miliki.

5. Memberikan pakan hijau

Pakan hijau adalah jenis pakan yang sangat baik untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Pakan hijau yang dapat diberikan pada sapi limosin misalnya rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro, jerami dan lain sebagainya. 

Pakan hijau adalah salah satu jenis pakan yang dapat dijadikan sebagai pakan utama bagi sapi limosin yang sedang dalam masa pertumbuhan. Agar gizi yang didapatkan tidak berkurang kualitasnya, maka pakan yang diberikan pada sapi limosin haruslah pakan yang baru dalam arti bukan pakan yang sudah berumur tiga hari atau lebih yang berpeluang besar sudah banyak nutrisi yang hilang darinya.

Rumput gajah adalah salah satu jenis pakan hijau yang baik untuk sapi limosin. 

Selain rumput gajah makanan lain seperti bongkol pisang atau pakan hijau lainnya juga baik untuk menggemukkan sapi dengan cepat sehingga setelah umurnya 3 tahun sapi limosin sudah siap untuk dikonsumsi dalam bentuk daging.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut