Logo Network
Network

Tiga Kecamatan di Tanggamus Dapatkan Program ICARE

Yusuf Ariansyah
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 17:44 WIB
Tiga Kecamatan di Tanggamus Dapatkan Program ICARE
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani memberikan bantuan kepada KWT di Pekon Tanjung Anom, Kecamatan Kota Agung Timur, Tanggamus. Rabu (01/02/23)

TANGGAMUS, iNewsPringsewu.id , - Program bantuan Integrated Corporation of Agricultural Resources Empowerment (ICARE) dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) yang di dapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus belum lama ini akan di implementasikan di tiga kecamatan.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menjelaskan, adapun tujuan dari program ICARE yang di gulirkan Kementerian Pertanian RI ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional dan meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian yang ada di seluruh kabupaten di Indonesia. Dan salah satunya adalah Kabupaten Tanggamus.

"Program ICARE ini bekerjsama dengan Bank Dunia (World Bank) dan rentang bantuan ini terhitung sejak 2022-2027 mendatang. Tujuannya ya sesuai dengan Permen Pertanian No.18/PERMENTAN/RC.040/4/2018 tentang pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi," Ujar Bunda, sapaan akrabnya saat menghadiri Peringatan Poktan Lestari di Pekon Tanjung Anom, Kecamatan Kota Agung Timur, Rabu (01/02/23).

Adapun tiga kecamatan yang akan mendapatakan program ini, lanjut Bunda, adalah Kecamatan Ulubelu, Kecamatan Pulau Panggung, dan Kecamatan Airnaningan. Dengan luasan lahan yang disediakan yakni, 500 hektar di Ulubelu, 150 hektar di Pulau Panggung dan 350 hektar di Airnaningan. Dan untuk di ketahui Kabupaten Bumi Begawi Jejama ini mewakili Provinsi Lampung dalam program ICARE ini.

"Kita patut bangga dengan terpilihnya Kabupaten Tanggamus sebagai wakil dari Provinsi Lampung .

Program ini terintegrasi dengan dua sektor yakni sektor tanaman dalam hal ini kopi robusta yang menjadi ciri khas kopi Lampung berasal dari Tanggamus, kemudian sektor peternakan yakni dibidang pengembangan kambing Burawa yang juga menjadi icon Tanggamus," terang Dewi.

Ia menambahkan, dengan adanya program ICARE yang diraih oleh Kabupaten Tanggamus menjadi pacuan semangat bagi masyarakat terkhusus para petani dan peternak yang ada di kabupaten ini. Karena tidak semua kabupaten berhasil mendapatkan ini. Dan kedepannya, bukan hanya diimplementasikan di tiga kecamatan ini saja, akan tetapi keberhasilannya akan terus di tularkan ke kecamatan lainnya.

"Saya perlu dukungan dari masyarakat semua untuk bersama mensuksekan program ICARE ini, karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat maka program apapun tidak akan berjalan dengan baik. Tapi Alhamdulillah masyarakat Tanggamus semuanya mendukung apapun kegiatan yang di luncurkan, dan ini yang membuat saya sangat bangga kepada masyarakat Tanggamus," imbuhnya.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.