get app
inews
Aa
Read Next : Estimasi Nama Caleg Yang akan Duduk Menjadi Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus

KPU Tanggamus Gelar Rapat Kordinasi Pembahasan TPS Lokasi Khusus

Jum'at, 03 Februari 2023 | 20:44 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum (KPU) gelar rapat koordinasi dengan beberapa lembaga dan PPK serta PPS di kantor sekretariat KPU Tanggamus, Jumat (03/02/2023) FOTO ; Istimewa

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus melaksanakan kegiatan rapat koordinasi persiapan pelayanan TPS Lokasi Khusus. Jum'at (03/02/2023).

Rapat koordinasi dihadiri Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Tanggamus, Bawaslu Tanggamus, Disdukcapil, Kalapas 2B Way Gelang, Karutan Kota Agung, Kepala SUPM Tanggamus, PPK dan PPS

Dalam arahan pada saat pembukaan, Ketua KPU menyampaikan bahwa pada pemilu 2024, KPU diamanahi oleh regulasi untuk mendirikan TPS pada lokasi khusus, dimana TPS lokasi khusus yang dimaksud diantaranya lapas dan rutan serta suatu daerah yang terkonsentrasi pemilihnya tidak dapat menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara. 

"Pada rakor kali ini, KPU Tanggamus mengkonfirmasi apakah calon lokasi TPS khusus bersedia mendirikan TPS sesuai dengan regulasi yang ada "ungkap Habibi selaku ketua divisi data dan informasi.


Foto Istimewa

Lanjutnya, Ia menyampaikan bahwa dalam regulasi terkait TPS lokasi khusus ada beberapa mekanisme yang harus dijalani diantaranya kesiapan dari penanggung jawab TPS Lokasi Khusus, permohonan untuk didirikan TPS lokasi khusus serta penyerahan data pemilih kepada KPU yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS lokasi khusus.

Disampaikan pula bahwa dalam proyeksi TPS Lokasi Khusus di Kabupaten Tanggamus ada beberapa titik yaitu Lapas kelas 2B Way Gelang, Rutan kelas 2B Kota Agung, SUPM Kota Agung Barat dan Komplek Pertambangan Geotermal Ulu Belu, hanya saja untuk daerah tambang belum terkonfirmasi terkait kesiapan pendirian TPS lokasi khusus.

"Dari hasil rapat koordinasi hari ini, disepakati untuk Lapas dan Rutan masing-masing mengajukan 2 TPS sedangkan SUPM 1 TPS. Dan hasil koordinasi hari ini akan disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung untuk mendapatkan persetujuan." tutupnya.

 

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut