get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

1244 Rumah 372 Hektar Persawahan di 12 Pekon Terdampak Banjir Semaka

Sabtu, 01 Juli 2023 | 14:42 WIB
header img
Dampak banjir bandang di Kecamatan Semaka Tanggamus Lampung (01/07/2023) FOTO iNews Pringsewu id Hardi Suprapto

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id, - Banjir Semaka Tanggamus meninggalkan rasa duka  yang mendalam, akibat banjir beberapa fasilitas umum, pertanian fasilitas umum hingga rumah warga yang terdampak.

Seperti halnya empat titik tanggul yang jebol di wilayah tersebut, yakni dua titik di tanggul di Pekon Sukajaya dan dua titik di Pekon Srikaton, banjir bandang, Rabu 28 Juni 2023 dari pukul 22.00 WIB hingga Kamis 29 Juni 2023 pukul. 04.00 WIB.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pemerintah Kecamatan Semaka, setidaknya ada 12 Pekon yang terdampak banjir dengan jumlah rumah yang rusak maupun terendam banjir sebanyak 1.244 rumah.

Selain fasilitas umum sebanyak 1.244 rumah terdampak banjir, diantaranya Pekon Srikaton 61 rumah, Pekon Way Kerap 59 rumah,  Pekon Bangun Rejo 329 rumah, Pekon Sukaraja 320 rumah, Pekon Sukajaya 58 rumah.

Kemudian, Pekon Kacapura 286 rumah, Pekon Tugupapak 18 rumah, Pekon Pardawaras 34 rumah, Pekon Sidodadi 47 rumah, Pekon Sripurnomo 4 rumah, Pekon Karang Agung 28 rumah dan  Pekon Sedayu 26 rumah.

Sejak Kamis, 29 Juni 2023 pukul 07.00 WIB, tim gabungan mendatakan wilayah-wilayah terdampak bencana. Tim gabungan juga melakukan pembersihan material dengan alat seadanya dipimpin Kapolres Tanggamus, Dandim dan Kalak BPBD yang dibantu relawan serta warga hingga sore hari.

Sejumlah alat berat, sejak Kamis, 29 Juni 2023 pukul 22.00 WIB, pemerintah Kabupaten Tanggamus menurunkan alat berat dan langsung bekerja membersihkan material banjir yang menutupi ruas Jalinbar.

Kemudian, pada Hari Jum'at 30 Juni 2023, situasi paska bencana alam di wilayah semaka, Jalan Lintas Barat Kabupaten Tanggamus di wilayah  sudah mulai dapat dilalui.

Pada Jumat, 30 Juni 2023 , terdapat tiga alat berat yang terus berupaya membersihkan material banjir di Jalinbar Pekon Pardawaras dan Sedayu. Akses jalan sudah mulai terbuka, dan kendaraan sudah mulai melintas secara bergantian.

"Banjir bandang disertai tanah longsor melanda wilayah semaka, selain merendam pemukiman dan merusak sejumlah rumah, banjir bandang disertai longsor juga menyebabkan akses Jalinbar tanggamus tepatnya di pekon sedayu dan Pardawaras terimbun material banjir. Akibatnya, akses jalinbar sempat lumpuh total," beber AKP Ketut Gister, Sabtu 1 Juli 2023.

"Sedangkan rumah yang hanyut tersapu banjir bandang ada dua rumah, yakni rumah milik Sukandar di pekon srikaton dan rumah milik Ponidi di pekon sukaraja," ujarnya.

Sambungnya, bahwa selain merendam dan merusak pemukiman penduduk, banjir juga merendam areal persawahan. 

"Berdasarkan informasi keterangan Kasi Trantib Kecamatan Semaka, Eko Prianto pihaknya mencatat ada 372 hektar areal persawahan yang terendam banjir," ujarnya.

Ditambahkannya, kejadian bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah kec
semaka tidak ada korban jiwa dan hasil monitoring serta pantauan di lapangan air mulai surut.

"Walaupun telah surut, namun perlu diantisipasi terjadi hujan, sebab tidak menutup kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor susulan," imbuhnya.

Kapolsek menegaskan, berdasarkan banyaknya material kayu yang terbawa banjir, diduga pada saat ini masyarakat dalam kondisi panen kayu sengon, sehingga tidak ada penahan tanah, bersamaan sisa kayu terkontrasi di aliran sungai.

"Untuk mencegah kejadian serupa, masyarakat agar dapat bijak dalam menebang kayu, sebab dampaknya sangat dahsyat hingga merugikan orang banyak," tandasnya. 

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut