get app
inews
Aa Read Next : Polres Tanggamus Tangkap Pelaku Jambret di Jalan Lintas Barat Kota Agung Barat

Dapur Rumah Milik Warga Sudimoro Nyaris Ludes Terbakar

Senin, 02 Oktober 2023 | 18:34 WIB
header img
Sisa puing dapur rumah milik Muhar warga Sudimoro pasca kebakaran, Senin (2/10/2023). Foto iNews Pringsewu id/Chairul Anom

TANGGAMUS iNewsPringsewu.id, - Lalai mematikan dosa -sisa api setelah masak, sebuah dapur  rumah milik Muhar (44) Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus hangus terbakar..  Senin, 02 Oktober 2023, sekitar pukul 11.00 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya menghanguskan dapur rumah sehingga korban mengalami kerugian senilai Rp5 juta.

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus, Iptu Lusiyanto, S.H mengatakan, kronologis kejadian bermula pukul 10.00 WIB, korban merebus air menggunakan tungku masak yang terbuat dari bata dan  dengan menggunakan kayu bakar

Kemudian, setelah selesai memasak air, pemilik rumah mematikan api dengan menyiram kayu bakar tersebut dengan air dan, kayu bakar sisa diletakkan terlalu dekat dengan dinding papan dapur.

Setelah itu, pemilik rumah istirahat tidur, namun sekitar pukul 11.00 WIB, terbangun karena mendengar suara kebakaran dan ia bergegas ke bagian belakang dapur dan terkejut melihat kebakaran yang terjadi.

Korban Ia berusaha memadamkan api dengan menyiram air sambil berteriak meminta pertolongan. Warga tetangga yang mendengar kejadian itu segera datang dan membantu memadamkan api.

"Selang tidak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api setelah 30 menit," kata Iptu Lusiyanto mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Kapolsek menyebut, pihaknya telah melakukan langkah-langkah dengan menerima laporan kejadian, mendatangi dan melakukan pengecekan di tempat kejadian, mengumpulkan keterangan dari korban dan saksi-saksi juga mendokumentasikan TKP.

Selanjutnya, berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, kebakaran ini terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memastikan dengan benar bahwa api dari kayu bakar yang digunakan telah benar-benar padam. 

"Kayu bakar sisa diletakan berdekatan dengan dinding dapur yang terbuat dari kayu papan, kayu tersebut belum padam sepenuhnya sehingga menyebabkan munculnya api yang kemudian membakar sebagian atap dan dinding dapur," jelasnya.

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut