get app
inews
Aa Read Next : F. Heridian, kader PDIP mendaftar Sebagai Bakal Calon Bupati dari Partai PAN

iTOTA di Museum Ketransmigrasian Gedong Tataan Perkenalkan Sejarah Transmigrasi

Senin, 11 Desember 2023 | 11:12 WIB
header img
Pringsewu DX Club (PDXC) bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin,(11/12/2023).Foto iNewsPringsewu.id/Anton

PESAWARAN,iNewsPringsewu.id- Pringsewu DX Club (PDXC) bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia dan Museum Ketransmigrasian menggelar Indonesian Temples On The Air (iTOTA) di komplek Museum Ketransmigrasian, Bagelen, Gedongtataan, Lampung, 9-10 Desember 2023.

Kegiatan iTOTA dalam rangka Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-73 ini merupakan tahun kedua yang digelar PDXC dengan menggandeng Kemendes PDTT dan Museum Ketransmigrasian.

"Tahun ini, iTOTA mengangkat tema 'Transmigrasi Satukan Negeri'. Selain dihadiri anggota ORARI Lokal Pringsewu, juga dihadiri anggota ORARI dari Kota Palembang, Sumatera Selatan," kata Koordinator PDXC Aris Mulato (YC4XAM).

iTOTA merupakan salah satu kegiatan amatir radio secara outdoor sebagai upaya untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan teknik keradioan bagi seorang amatir radio.

"Kegiatan iTOTA ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, khususnya tempat-tempat bersejarah," kata Aris.

Ketua ORARI Lokal Pringsewu Dr. Fauzi (YB4SJB) sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya iTOTA di komplek Museum Ketransmigrasian.

"iTOTA merupakan kegiatan positif sebagai wujud partisipasi ORARI Lokal Pringsewu melalui Pringsewu DX Club untuk memperkenalkan destinasi-destinasi yang menarik untuk dikunjungi, khususnya tempat-tempat bersejarah," kata Fauzi.

"Terutama dalam rangka peringatan HBT ke-73, dimana melalui event ini diharapkan sejarah perjalanan bangsa Indonesia, khususnya berkaitan dengan sejarah ketransmigrasian dapat diketahui oleh masyarakat dan kalangan amatir radio. Dengan demikian akan dapat membangkitkan semangat persatuan serta kecintaan kepada tanah air, bangsa dan negara," imbuhnya.

Selama dua hari penyelenggaraan, iTOTA di Museum Ketransmigrasian Gedongtataan berhasil menghubungi lebih dari 300 amatir radio dari seluruh Indonesia dan mancanegara.

 

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut