get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Pelaku Jambret Tragis: Polres Pringsewu dan Polsek Sukoharjo Berhasil Ungkap Kasus

Peringatan Hari Bela Negara Polres Pringsewu Ajak Masyarakat Kobarkan Semangat Cinta Tanah Air

Selasa, 19 Desember 2023 | 08:59 WIB
header img
Kompol Effendi Koto membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo, Selasa,(19/12/2023).Foto iNewsPringsewu.id/Humas Polres Pringsewu

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Polres Pringsewu menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, di lapangan apel mapolres setempat, Selasa (19/12). Upacara ini dipimpin oleh Kepala Bagian Sumber daya manusia (SDM) Polres Pringsewu, Kompol Effendi Koto.

Dalam upacara tersebut, Kompol Effendi Koto membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa Hari Bela Negara merupakan momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicitacitakan.

"Tantangan ke depan semakin tidak terduga, kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," sebut Presiden Jokowi.

Kabag SDM Polres Pringsewu, Kompol Effendi Koto, mengatakan bahwa semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

"Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Effendi Koto juga mengatakan bahwa Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Effendi Koto juga mengajak masyarakat Pringsewu untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

"Mari kita bersama-sama kobarkan semangat Bela Negara untuk Indonesia maju," pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 tersebut berlangsung dalam suasana khidmat, ditandai dengan menyanyikan lagu mars bela negara, hening cipta, dan pembacaan ikrar Bela Negara.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut