get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Pelaku Jambret Tragis: Polres Pringsewu dan Polsek Sukoharjo Berhasil Ungkap Kasus

Polres Pringsewu Amankan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Rabu, 31 Januari 2024 | 16:03 WIB
header img
Simulasi pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Pringsewu.,Rabu,(31/01/2024).Foto iNewsPringsewu.id/Hardi Suprapto

GADINGREJO,iNews Pringsewu.id- Polres Pringsewu telah mengambil langkah proaktif dengan mengamankan dan mengikuti simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 yang berlangsung di Balai Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu pada Rabu (31/1/2024) pagi.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk jajaran TBU-Polri, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, TNI-Polri, Uspika, PPK, PPS, dan warga masyarakat.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, melalui Kasi Humas Iptu Priyono, menekankan pentingnya peran Polri dalam menjaga keamanan selama proses pemilu, mulai dari tahap pemungutan hingga penghitungan suara. 

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas dan tanpa tekanan apapun," kata Priyono.

Seluruh tahapan pemilu dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam simulasi ini. Mulai dari pembukaan TPS hingga penghitungan suara, semuanya diawasi dengan ketat oleh petugas yang bertugas, termasuk anggota Polres Pringsewu.

Dengan diselenggarakannya simulasi ini, diharapkan masyarakat semakin yakin bahwa Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar dan adil di Kabupaten Pringsewu.

 "Polres Pringsewu mendukung proses demokrasi ini dan akan memastikan keamanan selama tahapan pemilu berlangsung," ungkap Priyono.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu, Sofyan Akbar Budiman, yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan bahwa simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai panduan bagi pemilih agar mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses menunaikan hak pilih di TPS.

“Selain itu, sebagai penyelenggara Pemilu, kegiatan simulasi ini juga menjadi pedoman bagi PPK dan PPS untuk memberikan bimtek terkait proses pemungutan dan penghitungan suara kepada KPPS di satker masing-masing," tambah Sofyan. 

Dengan demikian, partisipasi aktif dari semua pihak diharapkan dapat memastikan kelancaran dan keadilan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Pringsewu.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut