get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pramuka Bersatu di Bawah Terik, Wali Kota Bandar Lampung Pimpin Apel Besar HUT Pramuka ke-63

Anggota DPRD Mesuji Periode 2024-2029 Ikuti Orientasi: Langkah Awal Wujudkan Pembangunan Daerah

Rabu, 11 September 2024 | 21:29 WIB
header img
Anggota DPRD Kabupaten Mesuji Periode 2024-2029 bersama Pj Sekda Mesuji, Wahyu Arswendo Umbara, saat pembukaan orientasi di Hotel Horison Bandar Lampung, Selasa (10/09/2024).Foto ist

BANDARLAMPUNG,iNews.id — Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Mesuji yang terpilih dalam Pemilu Legislatif Februari 2024 mengikuti program orientasi selama 30 jam, yang berlangsung dari 10 hingga 14 September 2024

Orientasi ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Mesuji yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Mesuji, Wahyu Arswendo Umbara, di Hotel Horison Bandar Lampung pada Selasa sore, 10 September 2024.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Wahyu Arswendo Umbara yang mewakili Pj Bupati Mesuji, Febrizal Levi Sukmana, menekankan pentingnya amanah yang telah diberikan masyarakat kepada para anggota DPRD. "Tugas dan tanggung jawab kita ke depan semakin besar dalam mewujudkan Kabupaten Mesuji yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing," ujarnya.

Wahyu menjelaskan bahwa orientasi ini merupakan langkah awal bagi anggota DPRD dalam memahami tugas, fungsi, dan peran strategis mereka sebagai wakil rakyat. "DPRD memiliki kedudukan yang penting dalam sistem pemerintahan daerah, yaitu sebagai lembaga legislatif yang bersama pemerintah daerah menyusun kebijakan, mengawasi jalannya pemerintahan, serta memperjuangkan aspirasi masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai mekanisme kerja, tata aturan, serta etika yang berlaku dalam tugas legislasi. "Kualitas legislasi dan kebijakan yang dihasilkan harus berorientasi pada kepentingan masyarakat dan keberlanjutan pembangunan di Mesuji," tambahnya.

Sekda Wahyu juga mengingatkan bahwa selama periode ini, DPRD akan menghadapi berbagai tantangan, seperti peningkatan kualitas pelayanan publik, penanggulangan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, serta pengembangan potensi lokal. "Sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan DPRD sangatlah krusial," ujarnya.

Pj Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Senen Mustakim, menyampaikan harapannya agar DPRD dapat mengawal pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. "Anggota DPRD datang dari latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya penyatuan persepsi melalui orientasi ini sesuai dengan Permendagri No. 06 tahun 2024 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas DPRD," harapnya.

Hadir dalam acara orientasi tersebut Pj Sekda Wahyu Arswendo, Pimpinan DPRD dan Wakil Pimpinan Azhar Hidayatullah dan Agus Munawar, para anggota DPRD, serta narasumber yang akan menyampaikan materi selama orientasi berlangsung.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut