get app
inews
Aa Read Next : Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada 4 Personel Polres Tanggamus

Cincin Emas 5 Gram Milik Warga Wonosobo Raib, Pencuri Modus Tenaga Kesehatan

Jum'at, 07 Juli 2023 | 23:35 WIB
header img
Ibu Sol, warga Wonosobo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, Lampung. Foto tangkapan layar.

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id , -  Pencurian dengan modus tenaga kesehatan keliling kali pertama terjadi di Pekon Wonosobo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, Jum'at (7/7/2023) siang.

Peristiwa tersebut menimpa Sol (62)  Ibu rumah tangga warga Pekon Wonosobo yang harus kehilangan cincin emas 5 gram miliknya.

Menurut keterangannya kepada iNews Pringsewu. id, mengatakan,  rumahnya kedatangan dua orang tamu mengaku sebagai tenaga kesehatan yang turun kebawah untuk mengecek kesehatan warga.

Dengan berpakaian rapi dan berbahasa sopan, satu pelaku masuk menemui Ibu Sol, sementara rekan yang satunya menunggu di kendaraan Sepeda motor di halaman rumah.

Dalam melakukan aksinya, pelaku dengan sopan menjelaskan kepada mangsanya  dengan tutur kata yang halus , pelaku menanyakan kesehatan serta keluhan yang dirasakan mangsanya.

Setelah mangsanya  dirasakan yakin, pelaku melakukan pengecekkan tensi darah di lengan korban yang salah satu jarinya memakai cincin,  dengan dalih pengecekan tensi darah kurang akurat, pelaku meminta agar cincin yang korban pakai untuk di lepas.

Melihat rekannya bisa mengelabui korbannya, rekan pelaku kedua yang berada di luar memanggil dan menyodorkan amplop sebagai hadiah.

Saat Ibu Sol keluar mengambil amplop, pelaku pertama dengan cepat menukar cincin emas milik korban dengan cincin  emas imitasi.

" Orang dua datang mengaku tenaga kesehatan, satu masuk dan yang satu nunggu di luar." ungkap Ibu Sol , Jum'at (7/7/23) dikediamannya.

" Tangan saya lalu di periksa tensi darah, tapi setelah diperiksa kurang akurat katanya, lalu saya disuruh melepas cincin dan disuruh di tarok di meja."  terangnya.

"Setelah selesai diperiksa, saya di panggil sama temannya yang di luar mengulurkan amplop sebagai hadiah, lalu saya bergegas dan mau saya bawa cincin saya, katanya gak usah , di sini aja aman katanya ." ucapnya.

" Setelah mereka pergi saya ambil cincin saya kok rasanya beda, lalu saya bawa ketoko emas di pasar untuk di periksa, ternya bukan emas." tutupnya.

Sementara Susu Jeng Laundry salah satu tetangga korban turut menginformasikan kepada rekannya di salah satu group WhatsApp.

Dalam postingannya, dia mengirim video penjelasan Ibu Ros dengan diberikan kata-kata himbauan agar ibu-ibu yang punya perhiasan emas jangan di pakai dulu.

" Lebih baik kalo yg punya emas di simpan dulu, waspada modus kejahatan yang baru,  seperti bude sol ini ,warga pekon Wonosobo samping Rumah Menik/Seso." tandasnya.

 

Editor : Hardi Suprapto

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut