get app
inews
Aa Read Next : Banjir Pesawaran,338 KK Terdampak di Empat Kecamatan

Gubernur Arinal Djunaidi Mendorong Pembinaan Kelompok Tani Hutan dan Kehutanan Berkelanjutan

Minggu, 24 Desember 2023 | 10:51 WIB
header img
Pemberian Bantuan Alat Ekonomi Produktif dan Bibit Tanaman Produktif menjadi langkah konkret dalam mendukung KTH, Jum'at,(21/12/2023) Foto iNewsPringsewu.id/M.iwansyah

PESAWARAN,iNewsPringsewu.id-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengambil inisiatif untuk memajukan sektor kehutanan dengan melakukan pembinaan terhadap Kelompok Tani Hutan (KTH). Pada Jumat (22/12/2023), kegiatan pembinaan dilaksanakan di Lapangan Kantor Kecamatan Padang Cermin.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menekankan pentingnya menjaga kawasan hutan sebagai daerah tangkapan air untuk mengatur tata air dan mendukung produksi padi di Provinsi Lampung. Beliau menyatakan bahwa pengelolaan hutan, khususnya catchment area, harus diprioritaskan untuk menjaga fungsi ekologisnya.

Gubernur Arinal juga menyoroti aspek-aspek penting dalam pengelolaan hutan di Provinsi Lampung, termasuk pertimbangan sosial, dampak kawasan hutan terhadap sektor lain, dan manfaat global dari pengelolaan hutan secara bijak.

Dalam upaya memperkuat sektor kehutanan, Gubernur berharap agar pembangunan kehutanan menjadi salah satu pilar pendukung pembangunan daerah. Ia juga mengapresiasi Kabupaten Pesawaran atas kegiatan pembinaan dan berharap hal ini memberikan manfaat bagi KTH.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menyampaikan kolaborasi Pemerintah Kabupaten dengan KPH Pesawaran dan KPH Tahura Wan Abdul Rachman untuk mendampingi KTH dalam pengusulan SK Perhutanan Sosial. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran sedang mengembangkan Wilayah Terpadu untuk meningkatkan skala ekonomi di kawasan hutan.

Dalam rangka Bulan Menanam Pohon Nasional, Gubernur Arinal turut serta dalam penanaman pohon Trembesi, Beringin, dan Mahoni. Selain itu, pemberian Bantuan Alat Ekonomi Produktif dan Bibit Tanaman Produktif menjadi langkah konkret dalam mendukung KTH.

Gubernur berharap bahwa bantuan tersebut akan merangsang semangat petani untuk meningkatkan kualitas budidaya mereka, menciptakan kelestarian hutan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut