get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Pelaku Jambret Tragis: Polres Pringsewu dan Polsek Sukoharjo Berhasil Ungkap Kasus

Ratusan Aparat Amankan Malam Takbir Idul Fitri di Pringsewu

Rabu, 10 April 2024 | 08:09 WIB
header img
Operasi Gabungan Jamin Keamanan Malam Takbir di Pringsewu, Selasa,(09/04/2024).Foto istimewa

PRINGSEWU,iNewsPringsewu.id-Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan selama malam takbir Idul Fitri 1445 H, ratusan aparat gabungan dikerahkan di Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada Selasa (9/4/2024) malam. Aparat gabungan tersebut terdiri dari anggota TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

AKBP Benny Prasetya, Kapolres Pringsewu, menyatakan bahwa sebanyak 350 personel telah diterjunkan untuk memastikan keamanan selama malam takbir. Tugas mereka tidak hanya mengamankan jalur protokol tapi juga berbagai titik penting lainnya di kabupaten tersebut, termasuk pendopo Kabupaten Pringsewu, Simpang Tugu Gajah, Rest Area Gadingrejo, serta sejumlah pusat perbelanjaan.

Fokus utama pengamanan adalah untuk mengantisipasi kemacetan, kecelakaan, gesekan antar pengguna jalan, serta mencegah terjadinya aksi kriminalitas. AKBP Benny menambahkan, upaya ini merupakan bagian dari komitmen aparat keamanan untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri.

Kendati malam takbir diwarnai dengan beberapa kelompok masyarakat yang nekat melakukan pawai takbir keliling dengan kendaraan bak terbuka, Kapolres menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan teguran secara simpatik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan baik para peserta pawai maupun pengguna jalan lainnya.

Kapolres Benny Prasetya menegaskan bahwa, hingga saat ini, situasi di Pringsewu secara umum dalam keadaan aman dan kondusif. Meski terdapat peningkatan signifikan dalam arus mobilitas masyarakat, aparat keamanan berhasil mengurai kemacetan dan memastikan keamanan berlangsung dengan baik.

"Masyarakat kami imbau untuk terus menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif. Bersama-sama kita bisa merayakan Idul Fitri dengan aman dan damai," tutup Benny Prasetya, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Editor : Indra Siregar

Follow Berita iNews Pringsewu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut