get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Hj. Eva Dwiana Rancang Visi Kota Bandar Lampung yang Humanis dan Berkelanjutan

Sosialisasi Inovasi Daerah Kota Bandar Lampung 2024

Rabu, 22 Mei 2024 | 21:44 WIB
header img
Wali Kota Hj. Eva Dwiana juga mengajak seluruh perangkat daerah untuk melanjutkan upaya inovasi guna meningkatkan pelayanan publik, Foto istimewa

BANDARLAMPUNG,iNewsPringsewu.id- Dalam acara Sosialisasi Inovasi Daerah Kota Bandar Lampung 2024 dan Pembagian Piagam Penghargaan Inovasi 2023, Innovative Government Award (IGA) menjadi sorotan utama karena memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah atas keberhasilan inovasinya dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan.

Menurut keterangan pers yang disampaikan oleh Wali Kota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, Kota Bandar Lampung berhasil menduduki posisi ke-6 dari 98 kota di Indonesia dalam ajang IGA 2023 dengan skor indeks 70.33, meraih predikat sebagai kota sangat inovatif. Pada tahun 2023, pemerintah Kota Bandar Lampung mengirimkan total 313 inovasi yang dinilai sebagai upaya nyata untuk terus berinovasi demi kemajuan daerah.

Peserta sosialisasi inovasi daerah melibatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, Lurah pemenang lomba inovasi se-Kota Bandar Lampung, Kepala Puskesmas pemenang lomba inovasi se-Kota Bandar Lampung, dan Kepala SLTPN pemenang lomba inovasi se-Kota Bandar Lampung.

Bapperida Kota Bandar Lampung telah melakukan penilaian terhadap inovasi yang diusulkan oleh OPD selama tahun 2023 dan memberikan piagam penghargaan dengan 8 kategori pemenang di antaranya:

A. PERAIH IGA 2023:

1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan inovasi "si-pandu dan si-lajis" sistem informasi pelayanan administrasi terpadu (si-pandu) & sistem informasi jaringan inovasi sekolah (si-lajis).

2. Puskesmas Gedong Air dengan inovasi "PILLING" (Pemeriksaan Iva Keliling).

B. OPD PERAIH SCORE INOVASI TERTINGGI:

- BPBD (Skor 111)

- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Skor 109) dan Dinas Pangan (Skor 109)

- Dinas Perdagangan (Skor 108)

C. OPD PERAIH TOTAL SCORE INOVASI TERTINGGI:

1. BPBD (total skor 871 dengan 8 inovasi)

2. DISDUKCAPIL (total skor 617 dengan 6 inovasi)

3. Dinas Pertanian (total skor 491 dengan 6 inovasi)

D. OPD PENGINPUT INOVASI TERCEPAT:

- Inspektorat

E. KECAMATAN PERAIH TOTAL SCORE INOVASI TERTINGGI:

1. Kecamatan Sukarame (total skor 300 dengan 3 inovasi)

2. Kecamatan Kedaton (total skor 180 dengan 2 inovasi)

3. Kecamatan Tanjung Karang Timur (total skor 177 dengan 2 inovasi).

Berbagai prestasi inovatif pun diraih oleh unit yang berpartisipasi, seperti kelurahan, puskesmas, dan SLTP Negeri. Hal ini mencerminkan semangat inovasi yang kuat di Kota Bandar Lampung. 

Wali Kota Hj. Eva Dwiana juga mengajak seluruh perangkat daerah untuk melanjutkan upaya inovasi guna meningkatkan pelayanan publik, memangkas birokrasi, serta memperkuat layanan digital inovatif, dengan harapan agar masyarakat semakin terlayani efektif dan efisien.

Editor : Indra Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut