Bersih Desa, Pekon Sridadi Gelar Pengajian dan Pagelaran Wayang Kulit

Hardi Suprapto
Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo dalam bersih desa ke 52 tahun, Selasa (30/06/24). Foto iNews Pringsewu. id / Hardi Suprapto

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id, - Warga Pekon Sridadi antusias ikuti pengajian dan nonton wayang kulit semalam suntuk,Senin (29/07/2024).

Pengajian dan pagelaran budaya wayang kulit digelar pekon setempat  dalam peringatan bersih desa ke -52 tahun. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kediaman Suwandi, Kepala Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo, Tanggamus.

Ratusan jamaah yang didominasi ibu-ibu memadati tarup yang di sediakan oleh panitia, dengan antusias jamaah khusyuk mengikuti pengajian yang di sampaikan oleh Ustadz Syaifuddin Al Azani.

Usai pengajian, acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon "Sesaji Rojo Suyo" yang di bawakan oleh Ki dalang  Jamaludin dari Sedayu, Semaka.

Penyerahan tokoh wayang kulit "Werkudara" oleh Kepala Pekon Sridadi kepada didalangi , ditandai dimulainya pagelaran wayang kulit.

Dalam sambutannya, Suwandi mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Pekon yang ia pimpin, karena sudah berpartisipasi dan bergotong royong dalam penyelenggaraan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan adat istiadat di pekon setempat dalam bersih desa yang dilaksanakan di bulan Muharram setiap tahunnya.

Selain pengajian dan pagelaran wayang kulit, dalam bersih desa, warga Pekon Sridadi sebelumnya bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka.

"Kepada warga, kami ucapkan terimakasih karena telah mendukung dan berpartisipasi serta bergotong royong dan berswadaya, sehingga acara bersih desa dapat terlaksana sesuai dengan harapan kami bersama,"ucapnya, Selasa (30/07/24).

"Sudah menjadi tradisi, setiap tahun di pekon kami rutin mengadakan kegiatan bersih desa pada bulan Muharram setiap tahunnya, kebetulan tahun ini hari jadi yang ke 52 tahun ,"ucapnya.

Pengajian dan pagelaran wayang kulit di hadiri Camat Wonosobo, Kepala Pekon Sekecamatan Wonosobo, Babinkamtibmas,Babinsa ,warga serta jamaah pengajian dan penggemar seni budaya wayang kulit hingga pagi.

Editor : Hardi Suprapto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network