Rumah Zakat Lampung Gelar Kampus Relawan, Siapkan Generasi Muda untuk Tanggap Bencana

Raihan Hanif Nasrulloh
Pembekalan di Kampus Relawan: Generasi Z siap mengabdi untuk kemanusiaan.Foto iNewsPringsewu.id/Agus

BANDARLAMPUNG,iNewsPringsewu.id– Dalam upaya meningkatkan kapasitas relawan, Rumah Zakat Lampung menggelar kegiatan Kampus Relawan pada Minggu, 27 Oktober 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 20 calon relawan, yang mayoritas berasal dari Generasi Z—generasi yang lahir di era digital dan akrab dengan teknologi. Meski demikian, generasi ini masih menunjukkan kepedulian tinggi terhadap isu sosial dan kemanusiaan.

Rahman Hakim, selaku Program Leader Rumah Zakat Lampung, membuka acara tersebut, mewakili Jasudin, Representative Manager Rumah Zakat Lampung. Dalam sambutannya, Rahman Hakim menjelaskan bahwa Kampus Relawan bertujuan memberikan pembekalan kepada para relawan agar siap membantu masyarakat secara profesional.

“Kampus Relawan adalah wadah pembekalan bagi relawan sebelum terjun ke lapangan, di mana mereka bisa mengumpulkan ilmu dan pengalaman agar selalu siap membantu secara profesional,” ujar Rahman.

Agus Purnomo, Analis Kebencanaan Ahli Muda dari BPBD Kabupaten Pringsewu, diundang sebagai pemateri. Ia memberikan materi terkait konsep, prinsip, siklus, dan manajemen penanggulangan bencana. Agus menekankan pentingnya pemahaman mengenai mitigasi bencana bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menghadapi potensi bencana di lingkungan masing-masing.

Sebagai informasi, menurut UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, mitigasi merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana. Upaya ini dapat dilakukan melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. 

Kegiatan Kampus Relawan ini diharapkan mampu menyiapkan relawan yang tidak hanya siap membantu, namun juga memahami langkah-langkah profesional dalam menghadapi situasi krisis.

Editor : Indra Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network