get app
inews
Aa Read Next : Polres Tanggamus Tangkap Pelaku Jambret di Jalan Lintas Barat Kota Agung Barat

Musim Ikan Layur,Nelayan Tanggamus Ramai Melaut

Kamis, 07 Maret 2024 | 19:26 WIB
header img
Nelayan Tanggamus Lampung menepi dari melaut di pantai Somil untuk menjual hasil tangkapan ikan,Rabu (7/3/2024).Foto iNews Pringsewu id/Hardi Suprapto.

TANGGAMUS,iNewsPringsewu.id,- Ditengah kondisi harga kebutuhan pokok semakin mahal menjelang bulan Ramadhan, nelayan Tanggamus agak terbantu dengan hasil tangkapan ikan yang cukup lumayan.

Diawal bulan Maret musim ikan layur di laut Teluk Semaka  memicu  nelayan pancing maupun nelayan jaring terjun kelaut.

Dengan harga yang cukup mahal, dan banyaknya pesanan  hingga ekspor ke luar negeri, nelayan dengan semangat melaut siang dan malam.

Ikan layur yang super dari hasil pancingan ditampung dengan harga Rp.37 ribu per satu kilogramnya, sedangkan ikan layur super hasil tangkapan jaring di hargai Rp 25 ribu perkilogram, dan ikan yang belum masuk ukuran di beli oleh tengkulak lokal  Rp 20 ribu.

Seorang nelayan asal Digol Kota Agung Barat, Deny,  hampir sebulan dirinya mancing ikan layur pada malam hari.Dengan menggunakan perahu dia bersama nelayan lainnya berangkat dari rumah bagda ashar dan pulang pagi harinya.
Dari hasil pancingan semalam, jika dihitung rata-rata sekali melaut dapat 10 hingga 30 kilogram. Dari hasil jual , dia dapat menafkahi keluarga ditengah harga bahan pokok tengah meroket.

"Saya berangkat mancing sore dan pulang pagi, ya paling kalau di pukul rata hasil pancing sekitar 10 hingga 20 kilogram ikan layur,"ungkapnya.

"Dari hasil jual dipotong modal, ya masih lumayan bisa buat kebutuhan keluarga,"ucapnya.

Editor : Hardi Suprapto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut